Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015

Main Author: Yulia, Lavitta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8091/
ctrlnum 8091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/8091/</relation><title>Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan&#xD; Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa&#xD; Jepang Angkatan 2015</title><creator>Yulia, Lavitta</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa masalah yang&#xD; dialami mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015 yaitu, kesulitan dalam&#xD; mengartikan kanji, sehingga mahasiswa pendidikan bahasa jepang angkatan 2015&#xD; sering mengeluh, bahwa kanji adalah huruf yang rumit, sukar dipelajari, sukar&#xD; diingat bahkan sebagai kendala yang paling besar dalam mempelajari bahasa&#xD; Jepang. Kanji, merupakan karakter bahasa China yang digunakan dalam bahasa&#xD; Jepang untuk menuliskan kata dasar. Untuk memahami makna suatu kanji, kita&#xD; harus menganalisis karakter dasarnya, yaitu bushu. Tujuan dari penelitian ini adalah&#xD; untuk mengetahui pemahaman bushu dan pengaruh pemahaman bushu terhadap&#xD; kemampuan mengartikan kanji.&#xD; Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori bushu dan kanji.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan&#xD; kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Soal tes yang telah&#xD; dibuat, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman bushu terhadap&#xD; mengartikan kanji pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman bushu responden&#xD; adalah 81,2. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat&#xD; baik. Sedangkan rata-rata pemahaman bushu dalam mengartikan kanji responden&#xD; adalah 85,8. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat&#xD; baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, besarnya pengaruh&#xD; Pemahaman Bushu (X) terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji (Y) adalah&#xD; 50,7%. sedangkan sisanya yaitu 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain&#xD; Pemahaman Bushu (X). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman&#xD; bushu berpengaruh dalam mengartikan kanji</description><date>2017-11-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Yulia, Lavitta (2017) Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/788/051800029</relation><recordID>8091</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Yulia, Lavitta
title Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015
publishDate 2017
topic 495.6 Japanese
url http://repository.ub.ac.id/8091/
contents Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa masalah yang dialami mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015 yaitu, kesulitan dalam mengartikan kanji, sehingga mahasiswa pendidikan bahasa jepang angkatan 2015 sering mengeluh, bahwa kanji adalah huruf yang rumit, sukar dipelajari, sukar diingat bahkan sebagai kendala yang paling besar dalam mempelajari bahasa Jepang. Kanji, merupakan karakter bahasa China yang digunakan dalam bahasa Jepang untuk menuliskan kata dasar. Untuk memahami makna suatu kanji, kita harus menganalisis karakter dasarnya, yaitu bushu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman bushu dan pengaruh pemahaman bushu terhadap kemampuan mengartikan kanji. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori bushu dan kanji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Soal tes yang telah dibuat, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman bushu terhadap mengartikan kanji pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman bushu responden adalah 81,2. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata pemahaman bushu dalam mengartikan kanji responden adalah 85,8. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, besarnya pengaruh Pemahaman Bushu (X) terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji (Y) adalah 50,7%. sedangkan sisanya yaitu 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain Pemahaman Bushu (X). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman bushu berpengaruh dalam mengartikan kanji
id IOS4666.8091
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:33:51Z
last_indexed 2021-10-18T02:12:44Z
recordtype dc
_version_ 1751453640080490496
score 17.538404