Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015
Main Author: | Yulia, Lavitta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8091/ |
ctrlnum |
8091 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/8091/</relation><title>Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan
Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Jepang Angkatan 2015</title><creator>Yulia, Lavitta</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa masalah yang
dialami mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015 yaitu, kesulitan dalam
mengartikan kanji, sehingga mahasiswa pendidikan bahasa jepang angkatan 2015
sering mengeluh, bahwa kanji adalah huruf yang rumit, sukar dipelajari, sukar
diingat bahkan sebagai kendala yang paling besar dalam mempelajari bahasa
Jepang. Kanji, merupakan karakter bahasa China yang digunakan dalam bahasa
Jepang untuk menuliskan kata dasar. Untuk memahami makna suatu kanji, kita
harus menganalisis karakter dasarnya, yaitu bushu. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pemahaman bushu dan pengaruh pemahaman bushu terhadap
kemampuan mengartikan kanji.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori bushu dan kanji.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Soal tes yang telah
dibuat, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman bushu terhadap
mengartikan kanji pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman bushu responden
adalah 81,2. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat
baik. Sedangkan rata-rata pemahaman bushu dalam mengartikan kanji responden
adalah 85,8. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat
baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, besarnya pengaruh
Pemahaman Bushu (X) terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji (Y) adalah
50,7%. sedangkan sisanya yaitu 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain
Pemahaman Bushu (X). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman
bushu berpengaruh dalam mengartikan kanji</description><date>2017-11-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Yulia, Lavitta (2017) Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/788/051800029</relation><recordID>8091</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Yulia, Lavitta |
title |
Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan
Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Jepang Angkatan 2015 |
publishDate |
2017 |
topic |
495.6 Japanese |
url |
http://repository.ub.ac.id/8091/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa masalah yang
dialami mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015 yaitu, kesulitan dalam
mengartikan kanji, sehingga mahasiswa pendidikan bahasa jepang angkatan 2015
sering mengeluh, bahwa kanji adalah huruf yang rumit, sukar dipelajari, sukar
diingat bahkan sebagai kendala yang paling besar dalam mempelajari bahasa
Jepang. Kanji, merupakan karakter bahasa China yang digunakan dalam bahasa
Jepang untuk menuliskan kata dasar. Untuk memahami makna suatu kanji, kita
harus menganalisis karakter dasarnya, yaitu bushu. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pemahaman bushu dan pengaruh pemahaman bushu terhadap
kemampuan mengartikan kanji.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori bushu dan kanji.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Soal tes yang telah
dibuat, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman bushu terhadap
mengartikan kanji pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman bushu responden
adalah 81,2. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat
baik. Sedangkan rata-rata pemahaman bushu dalam mengartikan kanji responden
adalah 85,8. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat
baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, besarnya pengaruh
Pemahaman Bushu (X) terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji (Y) adalah
50,7%. sedangkan sisanya yaitu 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain
Pemahaman Bushu (X). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman
bushu berpengaruh dalam mengartikan kanji |
id |
IOS4666.8091 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:33:51Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:12:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453640080490496 |
score |
17.538404 |