Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Wahyu, Nawang Muktining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8089/
ctrlnum 8089
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/8089/</relation><title>Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018</title><creator>Wahyu, Nawang Muktining</creator><subject>495.65 Japanese (Grammar)</subject><description>Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang Malang khususnya pada siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor, yang mana hasil belajar bahasa Jepang masih kurang dan pembelajar yang kurang aktif. Dalam proses pembelajaran salah satunya bahasa Jepang, seorang pengajar harus memiliki strategi pembelajaran yang lebih kreatif agar pembelajar dapat belajar secara efektif, efisien, dan tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tata bahasa Jepang dan untuk mengetahui tanggapan pembelajar terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri.&#xD; Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah efektivitas, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar dan tata bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group desaign. Menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan efektivitas pembelajaran tata bahasa Jepang, serta angket digunakan untuk mengukur tanggapan pembelajar terhadap model pembelajaran inkuiri. Dengan menggunakan sampel kelas XII Teknik Sepeda Motor yang berjumlah 30 orang.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran bahasa Jepang terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelas yang sudah dilakukan treatment yaitu pada kelas XII Teknik Sepeda Motor. Rata-rata nilai pretest 66,87 dan rata-rata nilai posttest 87,93. Hasil tanggapan pembelajar termasuk dalam kategori &#x201C;sangat kuat&#x201D;dengan presentase sebesar 84,2%.</description><date>2017-12-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Wahyu, Nawang Muktining (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/787/051800028</relation><recordID>8089</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Wahyu, Nawang Muktining
title Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018
publishDate 2017
topic 495.65 Japanese (Grammar)
url http://repository.ub.ac.id/8089/
contents Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang Malang khususnya pada siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor, yang mana hasil belajar bahasa Jepang masih kurang dan pembelajar yang kurang aktif. Dalam proses pembelajaran salah satunya bahasa Jepang, seorang pengajar harus memiliki strategi pembelajaran yang lebih kreatif agar pembelajar dapat belajar secara efektif, efisien, dan tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tata bahasa Jepang dan untuk mengetahui tanggapan pembelajar terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah efektivitas, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar dan tata bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group desaign. Menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan efektivitas pembelajaran tata bahasa Jepang, serta angket digunakan untuk mengukur tanggapan pembelajar terhadap model pembelajaran inkuiri. Dengan menggunakan sampel kelas XII Teknik Sepeda Motor yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran bahasa Jepang terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelas yang sudah dilakukan treatment yaitu pada kelas XII Teknik Sepeda Motor. Rata-rata nilai pretest 66,87 dan rata-rata nilai posttest 87,93. Hasil tanggapan pembelajar termasuk dalam kategori “sangat kuat”dengan presentase sebesar 84,2%.
id IOS4666.8089
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:33:51Z
last_indexed 2021-10-18T02:12:44Z
recordtype dc
_version_ 1751453640074199040
score 17.538404