Permainan Mobile Augmented Reality Berbasis Lokasi Untuk Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Main Author: | Syawaludin, Renno Andika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7738/ |
Daftar Isi:
- Mahasiswa baru akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan kehidupan masa SMA, baik dalam aspek akademik maupun sosial budaya. Untuk menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus maka diperlukan adanya program orientasi bagi mahasiswa baru untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan yang baru. Dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus (PK2) mahasiswa baru yang cenderung diam di dalam ruangan, mahasiswa bisa lebih menikmati kegiatan yang dilakukan dengan memainkan game yang dilakukan saat berkeliling di lingkungan kampus. Berdasarkan hal tersebut akan dikembangkan suatu media yaitu media game yang dapat digunakan sebagai sarana pengenalan kehidupan kampus dengan menggunakan perangkat bergerak teknologi Augmented Reality. Implementasi game pengenalan kehidupan kampus dilakukan menggunakan Unity game engine dan sensor kamera menggunakan SDK Vuforia. Pada implementasinya, pointer pada game akan bergerak berdasarkan posisi dari pemain yang berada pada lingkungan kampus. Pada game juga terdapat mini game yang dimainkan menggunakan sensor kamera untuk mendapatkan informasi dari lingkungan kampus. Informasi yang sudah didapatkan melalui mini game dapat diakses pemain melalui menu ensiklopedia yang terdapat pada game. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian fungsionalitas dan pengujian usabilitas. Melalui pengujian fungsinalitas blackbox dan whitebox yang dilakukan, game Filkom: exploration telah berjalan dengan baik. Melalui pengujian usabilitas didapatkan hasil timbal balik yang cukup baik dari responden, dengan nilai kepuasan rata-rata 4.13 (82.67%).