Pengaruh City Branding Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Kota Wisata Batu (Survei Pada Wisatawan yang Berkunjung ke Kota Wisata Batu)

Main Author: Saputri, Amellia Fatimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7532/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian in adalah: 1) Menjelaskan pengaruh City Branding terhadap City Image, 2) Menjelaskan pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung, 3) Menjelaskan pengaruh City Image terhadap Keputusan Berkunjung pada wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Wisata Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Wisata Batu diantaranya tempat-tempat wisata dan rumah makan yang ada di Kota Wisata Batu sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltitian ini adalah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel City Branding (X) berpengaruh signifikan terhadap City Image (Y1) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,762 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Variabel City Branding (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y2) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,522 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Variabel City Image (Y1) berpengaruh tetapi tidak signifikan dengan variabel Keputusan Berkunjung (Y2) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,122 dan tingkat probabilitas 0,326 (0,326 > α = 0,05). Dengan demikian, untuk peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian dengan variabel yang berbeda pada Kota Wisata Batu