Penerapan e-Government dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol dan Kelurahan Sukagalih)
Main Author: | Adnan, Hararis Ali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/742/1/Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/742/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/742/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/742/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/742/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/742/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/742/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/742/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pelayanan publik. Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan disebut dengan istilah electronic government. Dalam pelaksanaan pelayanan publik, masyarakat sebagai pengguna layanan publik memiliki hak untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap pelayanan pubik sebagai bahan evaluasi kinerja pelayanan. Pemerintah Kota Bandung melalui Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah membuat website SIP Bdg Juara yaitu sistem untuk pelaporan dan penilaian kinerja kecamatan dan kelurahan di Kota Bandung. Penelitian yang berjudul Penerapan e-Government dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Kecamatan dan Kelurahan melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol, dan Kelurahan Sukagalih) ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan SIP Bdg Juara yang dikelola Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung dilihat dari tiga elemen yaitu support, capacity, value dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan SIP Bdg Juara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-Government melalui SIP Bdg Juara belum memenuhi ketiga elemen sukses pengembangan e- Government menurut Indrajit (2006:13). Beberapa fakor pendukung dari Penerapan e-Government melalui SIP Bdg Juara adalah dukungan penuh dari pimpinan, memiliki dasar hukum yang jelas; instrumen penilaian cukup detail, jelas, dan hasil kesepakatan bersama; website SIP Bdg Juara mempermudah dalam pelaporan kinerja pelayanan publik; dan reward. Sedangkan faktor penghambat yang dimiliki adalah sosialisasi ke warga belum optimal; website terkadang down; masih kurangnya sumber daya manusia terutama untuk verifikator data dan operator di kecamatan dan kelurahan; koordinasi dengan Disdukcapil terkait NIK warga masih terhambat.