Penerapan e-Government dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol dan Kelurahan Sukagalih)
Main Author: | Adnan, Hararis Ali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/742/1/Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/742/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/742/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/742/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/742/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/742/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/742/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/742/ |
ctrlnum |
742 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/742/</relation><title>Penerapan e-Government dalam rangka
Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui SIP Bdg Juara (Studi pada
Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan
Regol dan Kelurahan Sukagalih)</title><creator>Adnan, Hararis Ali</creator><subject>352.14 Local Administration</subject><description>Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi memberikan
pengaruh yang cukup besar terhadap pelayanan publik. Penggunaan teknologi
informasi dalam kegiatan pemerintahan disebut dengan istilah electronic
government. Dalam pelaksanaan pelayanan publik, masyarakat sebagai pengguna
layanan publik memiliki hak untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap
pelayanan pubik sebagai bahan evaluasi kinerja pelayanan.
Pemerintah Kota Bandung melalui Bagian Pemerintah Umum Sekretariat
Daerah membuat website SIP Bdg Juara yaitu sistem untuk pelaporan dan penilaian
kinerja kecamatan dan kelurahan di Kota Bandung. Penelitian yang berjudul
Penerapan e-Government dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik
Kecamatan dan Kelurahan melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah
Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol, dan Kelurahan
Sukagalih) ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan SIP Bdg Juara yang
dikelola Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung dilihat dari
tiga elemen yaitu support, capacity, value dan faktor-faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan SIP Bdg Juara. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles,
Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-Government
melalui SIP Bdg Juara belum memenuhi ketiga elemen sukses pengembangan e-
Government menurut Indrajit (2006:13). Beberapa fakor pendukung dari Penerapan
e-Government melalui SIP Bdg Juara adalah dukungan penuh dari pimpinan,
memiliki dasar hukum yang jelas; instrumen penilaian cukup detail, jelas, dan hasil
kesepakatan bersama; website SIP Bdg Juara mempermudah dalam pelaporan
kinerja pelayanan publik; dan reward. Sedangkan faktor penghambat yang dimiliki
adalah sosialisasi ke warga belum optimal; website terkadang down; masih
kurangnya sumber daya manusia terutama untuk verifikator data dan operator di
kecamatan dan kelurahan; koordinasi dengan Disdukcapil terkait NIK warga masih
terhambat.</description><date>2017-05-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/1/Bagian%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/742/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Adnan, Hararis Ali (2017) Penerapan e-Government dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol dan Kelurahan Sukagalih). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2017/425/051705809</relation><recordID>742</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Adnan, Hararis Ali |
title |
Penerapan e-Government dalam rangka
Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui SIP Bdg Juara (Studi pada
Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan
Regol dan Kelurahan Sukagalih) |
publishDate |
2017 |
topic |
352.14 Local Administration |
url |
http://repository.ub.ac.id/742/1/Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/742/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/742/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/742/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/742/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/742/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/742/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/742/ |
contents |
Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi memberikan
pengaruh yang cukup besar terhadap pelayanan publik. Penggunaan teknologi
informasi dalam kegiatan pemerintahan disebut dengan istilah electronic
government. Dalam pelaksanaan pelayanan publik, masyarakat sebagai pengguna
layanan publik memiliki hak untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap
pelayanan pubik sebagai bahan evaluasi kinerja pelayanan.
Pemerintah Kota Bandung melalui Bagian Pemerintah Umum Sekretariat
Daerah membuat website SIP Bdg Juara yaitu sistem untuk pelaporan dan penilaian
kinerja kecamatan dan kelurahan di Kota Bandung. Penelitian yang berjudul
Penerapan e-Government dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik
Kecamatan dan Kelurahan melalui SIP Bdg Juara (Studi pada Bagian Pemerintah
Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Kecamatan Regol, dan Kelurahan
Sukagalih) ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan SIP Bdg Juara yang
dikelola Bagian Pemerintah Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung dilihat dari
tiga elemen yaitu support, capacity, value dan faktor-faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan SIP Bdg Juara. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles,
Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-Government
melalui SIP Bdg Juara belum memenuhi ketiga elemen sukses pengembangan e-
Government menurut Indrajit (2006:13). Beberapa fakor pendukung dari Penerapan
e-Government melalui SIP Bdg Juara adalah dukungan penuh dari pimpinan,
memiliki dasar hukum yang jelas; instrumen penilaian cukup detail, jelas, dan hasil
kesepakatan bersama; website SIP Bdg Juara mempermudah dalam pelaporan
kinerja pelayanan publik; dan reward. Sedangkan faktor penghambat yang dimiliki
adalah sosialisasi ke warga belum optimal; website terkadang down; masih
kurangnya sumber daya manusia terutama untuk verifikator data dan operator di
kecamatan dan kelurahan; koordinasi dengan Disdukcapil terkait NIK warga masih
terhambat. |
id |
IOS4666.742 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2017-10-03T09:49:15Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:06:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142655204032512 |
score |
17.538404 |