Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Astronomi Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality
Main Author: | Wahyudi, Firly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/740/1/Firly%20Wahyudi%20.pdf http://repository.ub.ac.id/740/ |
Daftar Isi:
- Teknologi komputer yang berkembang pesat saat ini dapat diterapkan pada bidang Pendidikan. Realitas maya adalah salah satu dari teknologi komputer tersebut yang dapat membantu manusia pada bidang Pendidikan. Penerapan teknologi realitas maya pada bidang edukasi bertujuan untuk meningkatkan daya serap informasi yang diterima pelajar. Dengan menggunakan realitas maya sebagai sarana Pendidikan berbasis digital, maka akan didapatkan manfaat-manfaat seperti mengurangi biaya dan sebagainya. Penerapan realitas maya pada bidang Pendidikan dapat dilakukan dengan menggunakan sarana video game. Dengan menggunakan penggabungan antara realitas maya dan permainan digital sebagai sarana Pendidikan, pemain dapat berinteraksi langsung dengan objek-objek virtual yang ada di dalamnya. Dimana objek-objek tersebut telah dirancang sesuai dengan karakteristik objek-objek pada lingkungan aslinya sehingga dapat menyampaikan informasi pada pelajar dengan baik. Pada penelitian ini, materi edukasi yang akan disampaikan adalah materi astronomi dasar yang biasa didapatkan pelajar pada jenjang sekolah menengah pertama. Materi yang akan direpresentasikan berupa objek-objek yang tersusun pada sistem tata surya seperti planet-planet beserta satelit alaminya. Setelah melakukan pengembangan tersebut, maka akan dilakukan pengujian untuk mengetahui kualitas dari sistem yang telah diciptakan. Dari hasil pengujian tersebut akan didapatkan tingkat kelayakan dari sistem yang telah dikembangkan.