Penerapan Metode Target Costing Untuk Meningkatkan Profit Pada UMKM Industri Makanan (Kasus Pada Usaha Keripik Tempe Rizky Barokah di Sanan, Malang)
Main Author: | Hutagalung, Hetty Yeshica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6627/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia usaha yang semakin luas pada masa saat ini membuat persaingan akan masing-masing usaha semakin ketat. Setiap lingkup usaha, para pemilik usaha menginginkan profit yang tinggi dengan mengeluarkan biaya produksi seminimal mungkin sehingga menghasilkan profit yang optimal agar usaha tersebut dapat terus berkembang di pasaran, perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan kebijakan-kebijakan yang tepat. Salah satu kebijakan efisiensi biaya yaitu mampu menghasilkan suatu produk yang berkualitas baik dan memiliki nilai harga jual yang rendah atau setara dengan harga yang ditawarkan oleh usaha pesaing lainnya. Para usaha harus berusaha untuk menekan biaya yang dikeluarkan selama proses produksi dilakukan. Salah satu metode yang sangat penting dalam mendukung penekanan biaya produksi adalah metode target costing. Target costing merupakan penentuan biaya yang diharapkan untuk suatu produk berdasarkan harga yang kompetitif, sehingga produk tersebut memperoleh keuntungan yang ingin dicapai tanpa mengurangi kualitas dari produk tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh biaya produksi dengan penerapan target costing dalam pengendalian biaya dan optimalisasi profit pada perusahaan? (2) Bagaimana perbandingan hasil biaya produksi beserta laba yang diperoleh antara perhitungan biaya produksi dengan metode full costing yang dilakukan oleh perusahaan dan hasil perhitungan dengan penerapan target costing pada perusahaan? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling pada UMKM Rizky Barokah yang berlokasi di jalan Sanan Bawah No.56 Malang dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni2017. Penentuan responden dalam penelitian dilakukan secara purposive dengan narasumber yaitu pemilik usaha sebagai key informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dari perusahaan dan data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil perhitungan komponen-komponen biaya produksi yang telah dikeluarkan dengan menggunakan perhitungan metode target costing memberikan hasil pengeluaran biaya yang lebih efisien dibandingkan dengan perhitungan biaya dengan menggunakan metode full costing. Perhitungan dengan metode target costing mampu menekan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama proses produksi berlangsung dengan melakukan evaluasi biaya dan rekayasa nilai terhadap biaya sehingga ii perusahaan mampu mencapai profit yang optimal yaitu sebesar 23% dari profit sebelumnya yang tercapai hanya sebesar 15%; (2) Perhitungan yang telah dilakukan terhadap komponen-komponen biaya yang dikeluarkan selama proses produksi dengan menggunakan metode full costing memberikan hasil secara keseluruhan sebesar Rp. 200.114.552,- dan perolehan margin profit sebesar 15%. Perhitungan terhadap komponen-komponen biaya yang dilakukan dengan menggunakan metode target costing memberikan hasil biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan sebesar Rp. 181.855.052,- dan dengan margin profit yang diperoleh adalah sebesar 23%. Perusahaan harus melakukan penekanan biaya yang keluar sebesar Rp. 8.28,- per gram dalam satu kali produksi keripik tempe untuk dapat menghasilkan target profit sebesar 23% dengan jumlah profit yang diterima adalah sebesar Rp. 65.487.690,-. Saran yang ingin disampaikan yaitu: (1) Perusahaan sebaiknya menggunakan metode target costing dalam kegiatan pengendalian biaya produksi ditahun selanjutnya; (2) Perusahaan mampu menekan biaya-biaya produksi dengan menggunakan beberapa alternatif dalam perhitungan rekayasa nilai Apabila perusahaan menerapkan alternatif ini maka perusahaan akan mampu menghasilkan biaya produksi yang lebih efisien dan mampu mencapai target profit yang diinginkan bagi perusahaan.