Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online” (Studi Kasus Pada Pegguna Situs Jual Beli “Z”)

Main Author: Rahman, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6568/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan teknologi informasi terhadap minat menggunakan situs jual beli online (Studi Kasus Pada Pegguna Situs Jual Beli “Z”) dan 2) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan teknologi informasi terhadap minat menggunakan situs jual beli online (Studi kasus pada pegguna situs jual beli “Z”). Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa angkaangka dengan populasi penelitian adalah para pengguna situs jual beli online “Z”. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh kemudahan penggunaan teknologi informasi terhadap minat menggunakan situs jual beli online (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli “Z”). Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan kemudahan dalam penggunaan teknologi informasi maka minat menggunakan situs jual beli online akan mengalami peningkatan 2) Terdapat pengaruh kemanfaatan teknologi informasi terhadap minat menggunakan situs jual beli online (Studi kasus pada pengguna situs jual beli “Z”). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya kemanfaatan teknologi informasi maka minat menggunakan situs jual beli online akan mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”, dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan adanya peningkatan kepercayaan maka dapat meningkatkan penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”. Hasil analisis dapat diketahui bahwa “Z” merupakan situs jual beli yang harus mengutamakan kepercayaan konsumen sehingga dapat mendukung transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Kepuasan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”, dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan adanya peningkatan kepuasan maka dapat meningkatkan penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”. Hasil analisis dapat diketahui bahwa “Z” merupakan situs jual beli yang harus memberikan jaminan kepuasan konsumen sehinga dapat mendukung konsumen untuk melakukan transaksi secara online.Kepercayaan dan kepuasan berpengaruh secara simultan terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”.