Pengaruh Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif pada Produk Fashion (Survei pada Konsumen Fashion Malang Town Square Di Kota Malang)

Main Author: Akhadiyah,, Rizky Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/631/1/Rizky%20Fajar%C2%A0Akhadiyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/631/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Signifikan Secara Parsial Motivasi Pembelian Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif; (2) Pengaruh Signifikan Secara Parsial Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif, dan (3) Pengaruh Signifikan Secara Bersama-sama Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang merupakan konsumen fashion Malang Town Square (MATOS) di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan secara parsial motivasi pembelian (X1) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan koefisien regresi (b) sebesar 0,285 dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < α (0,05); (2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,170 dan nilai signifikansi t sebesar 0,002 < α (0,05); (3) terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama motivasi pembelian (X1) dan harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai signifikansi F 0,000 < α (0,05). Disarankan agar MATOS dapat memanfaatkan motivasi pembelian konsumen yang tinggi pada produk fashion untuk kedepannya dapat dijadikan pendekatan dengan menciptakan suasana belanja yang nyaman dan menawarkan produk-produk yang menarik dan terbaru sehingga konsumen terus melakukan pembelian di MATOS.