Pengaruh Negative Electronic Word of Mouth (Negative eWOM), Dissatisfaction, dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Studi pada Pengguna Brand SK-II dalam Forum Female Daily)
Main Author: | Rahdita, Devina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6231/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh secara simultan (bersama-sama) dan parsial Negative Electronic Word of Mouth (Negative eWOM), Dissatisfaction, dan Variety Seeking terhadap Brand Switching pada pengguna brans SK-II dalam forum Female Daily. Variabel independen pada penelitian ini ialah Negative Electronic Word of Mouth (X1), Dissatisfaction (X2), dan Variety Seeking (X3). Variabel dependen pada penelitian ini ialah Brand Switching (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 200 orang pengguna brand SK-II yang pernah membaca dan memberikan komentarnya di forum Female Daily. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Negative Electronic Word of Mouth (X1), Dissatisfaction (X2), dan Variety Seeking (X3) berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Brand Switching (Y) yang dapat dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,582 atau 58,2%. Hal ini menunjukan bahwa Negative Electronic Word of Mouth (X1), Dissatisfaction (X2), dan Variety Seeking (X3) sebesar 58,2% dapat mempengaruhi Brand Switching (Y). Secara parsial, Negative Electronic Word of Mouth (X1) berpengaruh signifikan terhadap Brand Switching (Y) dengan nilai sig. t (0,039) < sig. α (0,05), Dissatisfaction (X2) berpengaruh signifikan terhadap Brand Switching (Y) dengan nilai sig. t (0,001) < sig. α (0,05), Variety Seeking (X3) berpengaruh signifikan terhadap Brand Switching (Y) dengan nilai sig. t (0,000) < sig. α (0,05).