Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang)

Main Author: Azizah, Dewi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6104/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses knowledge management dalam inovasi terhadap program “Home Care PERMATA” dalam layanan yang ada di Puskesmas Turen Kabupaten Malang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat program “Home Care PERMATA” di Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Puskesmas Turen. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penjodohan pola dimana peneliti membandingkan data hasil pengamatan (prediksi atau asumsi sebelumnya) untuk dicocokkan dengan data empirik. Jika kedua pola tersebut cocok maka, dapat digunakan untuk menguatkan proses analisis data yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan proses knowledge management melalui program home care Permata dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Turen mendapat dukungan dari Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, ditunjang dengan dukungan sumberdaya manusia dan sumber dana. Manfaat bagi masyarakat yaitu meminimalisir resiko rentan sakit dan pasien bisa berkonsultasi masalah kesehatan agar penyakit dapat dicegah dan tidak muncul lagi. Home care memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat dengan mendatangi rumah pasien. Proses knowledge management melalui program home care dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung proses manajemen pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, adanya dukungan dari Bupati Malang dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, kedua adanya komitmen Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Faktor penghambat penerapan pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, pola pikir (mindset) perawat pada umumnya masih berorientasi pada pengobatan bagi orang yang sakit, kedua masyarakat pada umumnya mengakses Puskesmas dan jaringannya jika sudah dalam kondisi sakit.