Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang)

Main Author: Azizah, Dewi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6104/
ctrlnum 6104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/6104/</relation><title>Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang)</title><creator>Azizah, Dewi Nur</creator><subject>658.403 8 Information management</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses knowledge management dalam inovasi terhadap program &#x201C;Home Care PERMATA&#x201D; dalam layanan yang ada di Puskesmas Turen Kabupaten Malang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat program &#x201C;Home Care PERMATA&#x201D; di Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Puskesmas Turen. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penjodohan pola dimana peneliti membandingkan data hasil pengamatan (prediksi atau asumsi sebelumnya) untuk dicocokkan dengan data empirik. Jika kedua pola tersebut cocok maka, dapat digunakan untuk menguatkan proses analisis data yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan proses knowledge management melalui program home care Permata dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Turen mendapat dukungan dari Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, ditunjang dengan dukungan sumberdaya manusia dan sumber dana. Manfaat bagi masyarakat yaitu meminimalisir resiko rentan sakit dan pasien bisa berkonsultasi masalah kesehatan agar penyakit dapat dicegah dan tidak muncul lagi. Home care memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat dengan mendatangi rumah pasien. Proses knowledge management melalui program home care dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung proses manajemen pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, adanya dukungan dari Bupati Malang dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, kedua adanya komitmen Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Faktor penghambat penerapan pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, pola pikir (mindset) perawat pada umumnya masih berorientasi pada pengobatan bagi orang yang sakit, kedua masyarakat pada umumnya mengakses Puskesmas dan jaringannya jika sudah dalam kondisi sakit.</description><date>2017-05-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Azizah, Dewi Nur (2017) Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2017/397/051705218</relation><recordID>6104</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Azizah, Dewi Nur
title Proses Knowledge Management Dalam Inovasi Layanan Publik (Studi Kasus Pada Program Home Care Permata Puskesmas Turen Kabupaten Malang)
publishDate 2017
topic 658.403 8 Information management
url http://repository.ub.ac.id/6104/
contents Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses knowledge management dalam inovasi terhadap program “Home Care PERMATA” dalam layanan yang ada di Puskesmas Turen Kabupaten Malang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat program “Home Care PERMATA” di Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Puskesmas Turen. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penjodohan pola dimana peneliti membandingkan data hasil pengamatan (prediksi atau asumsi sebelumnya) untuk dicocokkan dengan data empirik. Jika kedua pola tersebut cocok maka, dapat digunakan untuk menguatkan proses analisis data yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan proses knowledge management melalui program home care Permata dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Turen mendapat dukungan dari Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, ditunjang dengan dukungan sumberdaya manusia dan sumber dana. Manfaat bagi masyarakat yaitu meminimalisir resiko rentan sakit dan pasien bisa berkonsultasi masalah kesehatan agar penyakit dapat dicegah dan tidak muncul lagi. Home care memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat dengan mendatangi rumah pasien. Proses knowledge management melalui program home care dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung proses manajemen pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, adanya dukungan dari Bupati Malang dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, kedua adanya komitmen Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Faktor penghambat penerapan pengetahuan melalui program home care Puskesmas Turen dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kesehatan meliputi: pertama, pola pikir (mindset) perawat pada umumnya masih berorientasi pada pengobatan bagi orang yang sakit, kedua masyarakat pada umumnya mengakses Puskesmas dan jaringannya jika sudah dalam kondisi sakit.
id IOS4666.6104
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:32:52Z
last_indexed 2021-10-18T02:11:13Z
recordtype dc
_version_ 1751453624413716480
score 17.538404