Pengaruh WOM (Word Of Mouth) Terhadap Faktor Psikologis Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pemakaian Layanan Instant Messenger Line (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Layanan Instant Messenger Line Angkatan 2012-2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Gusniputra, Andhika Gandha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh word of mouth terhadap faktor psikologi, (2) pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi word of mouth, faktor psikologi, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FIA UB angkatan 2012-2014, yang mengetahui dan menggunakan layanan instant messenger LINE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 114 responden yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap faktor psikologi (Y1) dan keputusan pembelian (Y2), faktor psikologi (Y1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2). Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya LINE sebagai salah satu penyedia layanan instant messenger terbesar harus mampu bersaing dengan memperkaya fitur-fitur yang ada di aplikasi LINE dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dalam berkomunikasi dengan baik.