Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Guerrilla Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Produk Minuman Coca-Cola)
Main Author: | Ardyatma, Niko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5776/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Guerrilla Marketing dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor Guerrilla Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Novelty (X1), Relevance (X2), Aestheics (X3), Clarity (X4), Humor (X5), Emotional Arousal (X6), Surprise (X7), dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan Coca-Cola dan pernah membeli minuman Coca-Cola. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 responden dengan menggunakan teknik incidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adaah analisis statistik deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang membentuk Guerrilla Marketing, yaitu Faktor Kreativitas (F1), Faktor Kebaruan (F2), Faktor Kelucuan (F3), Faktor Kejelasan (F4), Faktor Menarik (F5), dan Faktor Identitas (F6). Model faktor dari Faktor Identitas (F6) tidak reliabel sehingga tidak diikutkan dalam analisis regresi linier berganda. Kelima faktor tersebut (F1 hingga F5) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dari kelima faktor Guerrilla Marketing hanya Faktor Kreativitas (F1) yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) sedangkan empat faktor lainnya berpengaruh tidak signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor Kreativitas (F1) merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya pihak Coca-Cola dapat memfokuskan pada unsur kreativitas dalam pembuatan iklan seperti mengangkat momen-momen yang sehari-hari dirasakan oleh konsumen karena hal tersebut akan mampu meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk Coca-Cola.