Teaching Strategies in Overcoming Students’ Problems in the Speaking Class
Main Author: | Sari, Laksmi Aldila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/557/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/557/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/557/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/557/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/557/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/557/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/557/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/557/ |
Daftar Isi:
- Berbicara merupakan salah satu kemampuan yang paling penting dalam Bahasa Inggris. Bagaimanapun juga, beberapa siswa memiliki masalah dalam mempelajari kemampuan berbicara. Menurut Ur (1996), ada beberapa masalah dalam berbicara seperti menahan diri, tidak ada yang bisa dibicarakan, partisipasi yang tidak merata dan penggunaan bahasa Ibu. Studi ini bertujuan untuk menjabarkan beberapa strategi mengajar dalam mengatasi masalah siswa dalam berbicara di mata kuliah berbicara. Studi ini memiliki dua rumusan masalah; (1) strategi mengajar dosen untuk mengatasi masalah mahasiswa dalam mata kuliah berbicara (2) pertimbangan dosen dalam menerapkan strategi mengajar pada kemampuan berbicara. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang dosen dan 31 mahasiswa di kelas E guided speaking, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Subjek penelitian ini ditentukan berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menggunakan pedoman wawancara dan observasi kelas. Studi ini menggunakan Instrumen penelitian yang dikembangkan oleh penulis dengan menggunakan teori dari Ur (1996) dan Kayi (2006). Instrumen tersebut merupakan pedoman wawancara dosen, pedoman wawancara mahasiswa, tabel observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan triangulasi dan dijabarkan secara naratif. Penemuan studi ini yaitu; (1) dosen menerapkan beberapa strategi mengajar seperti memberikan koreksi, menciptakan suasana nyaman di dalam kelas, memberikan intrinsic motivation, dan menggunakan teknik mengajar seperti roleplay dan group discussion. Di samping itu, ada beberapa strategi pendukung yang digunakan oleh dosen yaitu menggunakan teknik presentasi, observasi, dan mendongeng (2) pertimbangan dosen dalam menerapkan strategi mengajar tidak lain berdasarkan kondisi psikologis mahasiswa. Disarankan untuk dosen Bahasa Inggris lainnya agar dapat menerapkan strategi tersebut di dalam mata kuliah berbicara. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar dapat menjabarkan masalah yang di hadapi siswa dalam berbicara beserta faktor yang mempengaruhi timbulnya masalah tersebut dan dapat menjabarkan secara jelas.