Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2015

Main Author: Pasai, Kiki Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4627/
Daftar Isi:
  • Untuk mencapai kepentingan nasional, sebuah negara akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan hard power seperti kekuatan militer sebuah negara. Akan tetapi dewasa ini banyak negara yang juga menggunakan soft power untuk meraih kepentingan mereka. Elemen dari soft power sebuah negara dapat digunakan dalam sebuah pelaksanaan nation branding. Jepang merupakan negara yang melakukan upaya nation branding tersebut terhitung dari awal tahun 2003, melalui “Cool Japan”. Di tahun 2011 hingga 2015 upaya Jepang tersebut menunjukkan hasil yang maksimal dengan banyak capaian di bidang budaya yang diangkat. Jepang dapat meraih hasil tersebut dikarenakan menggunakan strategi nation branding. Strategi nation branding yang dilakukan oleh Jepang meliputi upaya periklanan, pengoptimalisasian website, penunjukan nation brand ambassadors, aktivasi jaringan diaspora, pelaksanaan hari besar negara, pemilihan slogan, juga adanya survey terkait nation branding. Semua elemen tersebut dilakukan oleh Jepang untuk meraih capaian yang maksimal dalam upaya nation branding mereka. Walau demikian dalam pelaksanaannya masih ada penggunaan elemen-elemen yang kurang dimaksimalkan.