Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2015

Main Author: Pasai, Kiki Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4627/
ctrlnum 4627
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/4627/</relation><title>Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui &#x201C;Cool Japan&#x201D; Pada Tahun 2011-2015.</title><creator>Pasai, Kiki Putri</creator><subject>327.2 Diplomacy</subject><description>Untuk mencapai kepentingan nasional, sebuah negara akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan hard power seperti kekuatan militer sebuah negara. Akan tetapi dewasa ini banyak negara yang juga menggunakan soft power untuk meraih kepentingan mereka. Elemen dari soft power sebuah negara dapat digunakan dalam sebuah pelaksanaan nation branding. Jepang merupakan negara yang melakukan upaya nation branding tersebut terhitung dari awal tahun 2003, melalui &#x201C;Cool Japan&#x201D;. Di tahun 2011 hingga 2015 upaya Jepang tersebut menunjukkan hasil yang maksimal dengan banyak capaian di bidang budaya yang diangkat. Jepang dapat meraih hasil tersebut dikarenakan menggunakan strategi nation branding. Strategi nation branding yang dilakukan oleh Jepang meliputi upaya periklanan, pengoptimalisasian website, penunjukan nation brand ambassadors, aktivasi jaringan diaspora, pelaksanaan hari besar negara, pemilihan slogan, juga adanya survey terkait nation branding. Semua elemen tersebut dilakukan oleh Jepang untuk meraih capaian yang maksimal dalam upaya nation branding mereka. Walau demikian dalam pelaksanaannya masih ada penggunaan elemen-elemen yang kurang dimaksimalkan.</description><date>2017-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Pasai, Kiki Putri (2017) Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui &#x201C;Cool Japan&#x201D; Pada Tahun 2011-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIS/2017/656/051707941</relation><recordID>4627</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Pasai, Kiki Putri
title Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2015
publishDate 2017
topic 327.2 Diplomacy
url http://repository.ub.ac.id/4627/
contents Untuk mencapai kepentingan nasional, sebuah negara akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan hard power seperti kekuatan militer sebuah negara. Akan tetapi dewasa ini banyak negara yang juga menggunakan soft power untuk meraih kepentingan mereka. Elemen dari soft power sebuah negara dapat digunakan dalam sebuah pelaksanaan nation branding. Jepang merupakan negara yang melakukan upaya nation branding tersebut terhitung dari awal tahun 2003, melalui “Cool Japan”. Di tahun 2011 hingga 2015 upaya Jepang tersebut menunjukkan hasil yang maksimal dengan banyak capaian di bidang budaya yang diangkat. Jepang dapat meraih hasil tersebut dikarenakan menggunakan strategi nation branding. Strategi nation branding yang dilakukan oleh Jepang meliputi upaya periklanan, pengoptimalisasian website, penunjukan nation brand ambassadors, aktivasi jaringan diaspora, pelaksanaan hari besar negara, pemilihan slogan, juga adanya survey terkait nation branding. Semua elemen tersebut dilakukan oleh Jepang untuk meraih capaian yang maksimal dalam upaya nation branding mereka. Walau demikian dalam pelaksanaannya masih ada penggunaan elemen-elemen yang kurang dimaksimalkan.
id IOS4666.4627
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2017-10-03T09:50:21Z
last_indexed 2021-10-18T02:10:05Z
recordtype dc
_version_ 1730142657402896384
score 17.538404