Perencanaan Strategi Promosi dengan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) dan Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) (Studi Kasus di Restoran Panties Pizza, Malang)

Main Author: Lestari, Triya Margi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4388/
Daftar Isi:
  • Restoran Panties Pizza, Malang merupakan restoran yang menjual makanan Italia dengan pangsa pasar yang cukup luas namun tidak segmented. Promosi yang dilakukan juga cenderung monoton, sehingga tidak dapat menarik perhatian pasar Kota Malang yang mudah bosan. Restoran Panties Pizza, Malang pun belum pernah melakukan evaluasi terhadap promosi yang sudah pernah dilakukan. Tujuan penelitian yaitu untuk memberikan penilaian strategi promosi yang sudah dilakukan dan merancang strategi baru yang selanjutnya dapat menjadi alternatif. Metode dalam penelitian untuk mengevaluasi strategi yang sudah dilakukan yaitu dengan skoring. Analisis SWOT digunakan untuk merencanaan strategi baru dan ditentukan prioritas utama dari alternatif strategi baru dengan FAHP. Hasil dari evaluasi strategi Restoran Panties Pizza, Malang didapatkan bahwa jenis promosi yang dianggap masih efektif digunakan adalah sosial media (4,33), promo penjualan (free delivery service, diskon, free item) (2,97) dan brosur (2,73). Hasil perumusan strategi baru dan setelah diurutkan sesuai prioritas yaitu promo penjualan (free delivery service, diskon, free item) (0,2723), sosial media (0,1612), diskon sejumlah umur dihari ulang tahun (0,1446), menjalin partnership dengan instansi (0,1148), menyediakan membership (0,1136), cooking class (0,0676), pemesanan online (0,0432), endorsement produk oleh public figure (0,0423), paket mahasiswa dan paket keluarga (0,0402), mengadakan kompetisi resep kreasi piza (0,000) dan brosur (0,000).