Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) dan Brand Image terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013-2016)
Main Author: | Alfarisi, Salman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2350/1/Salman%C2%A0Alfarisi.pdf http://repository.ub.ac.id/2350/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Brand Image secara parsial terhadap Minat Beli dan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Brand Image secara bersama-sama terhadap Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2013-2016 sebanyak 112 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (eWOM) (X1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai koefisien sebesar 4,187 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Variabel Brand Image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai koefisien sebesar 8,402 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Kedua variabel bebas Electronic Word of Mouth (eWOM) (X1) dan Brand Image (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Minat Beli (Y) dengan probabilitas 0,000 dan mempunyai kontribusi terhadap Minat Beli (Y) sebesar 0,462 (46,2%) sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, karenanya bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian dengan variabel berbeda yang dapat mempengaruhi minat beli atau melakukan penelitian tentang eWOM, Brand Image, dan Minat Beli dengan objek penelitian yang berbeda.