Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen ”Supermarket Giant” Dinoyo Malang)
Main Author: | Pratomo, Bramantyo Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2319/1/Pratomo%2C%20Bramantyo%20Wahyu.pdf http://repository.ub.ac.id/2319/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan : (1) pengaruh Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion; (2) pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying; (3) pengaruh Shopping Emotion terhadap Impulse Buying. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen Supermarket Giant Dinoyo Malang dengan menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Store Atmosphere (X1) berpengaruh signifikan terhadap Shopping Emotion (Y1), (2) Store Atmosphere (X1) berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying (Y2), (3) Shopping Emotion berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying (Y2) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Shopping Emotion. Dengan demikian, Manajemen Supermarket Giant Dinoyo Malang sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan indikator Store Atmosphere yang telah dimiliki dan telah dinilai baik oleh konsumen agar konsumen merasa nyaman dan senang pada saat berbelanja, sehingga dapat meningkatkan Impulse Buying.