A Survey Study Of Gamers’ Vocabulary Learning Strategies In Simulation Video Game
Main Author: | Laksana, Resda Cintami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2316/1/1.%20COVER-LIST%20OF%20APPENDICES.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/2/2.%20CHAPTER%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/3/3.%20CHAPTER%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/4/4.%20CHAPTER%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/6/6.%20CHAPTER%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/7/7.%20REFERENCES.pdf http://repository.ub.ac.id/2316/ |
Daftar Isi:
- Penguasaan kosakata adalah hal yang utama bagi pelajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Gamer Indonesia sebagai pelajar bahasa Inggris harus memiliki perbendaharaan kosakata yang mumpuni untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Menerapkan strategi belajar kosakata (VLS) dapat membuat pelajar menjadi terbiasa dengan kosakata bahasa Inggris. Para anggota grup facebook bernama Forum Harvest Moon (ID Harvest) mendapatkan paparan kosakata bahasa Inggris melalui sebuah video game simulasi bernama Harvest Moon. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi fenomena tersebut. Survei ini dilakukan untuk menginvestigasi frekuensi penggunaan strategi belajar kosakata yang paling banyak digunakan dan yang paling sedikit digunakan oleh anggota grup Forum Harvest Moon Indonesia (ID Harvest) ketika bermain Harvest Moon. Pengambilan data dilakukan menggunakan sebuah kuesioner yang diadaptasi dari penelitian Riankamol (2008) dan sebuah panduan wawancara. Kuesioner tersebut merepresentsikan lima strategi belajar kosakata menurut taksonomi Schmitt, yaitu determination, social, cognitive, memory, dan metacognitive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi cognitive memiliki nilai rata-rata (mean) tertinggi yaitu 2.86 dan strategi social (discovery) memiliki nilai rata-rata terendah, yaitu 1.07. Sehingga strategi belajar kosakata yang paling banyak dipakai oleh anggota grup Forum Harvest Moon Indonesia (ID Harvest) ketika bermain Harvest Moon adalah strategi cognitive dan yang paling rendah adalah strategi social (discovery). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran. Peneliti menyarankan kepada para pendidik untuk menyediakan video game di dalam maupun di luar kelas, misalnya di Self Access Center (SAC). Selain itu, peneliti juga menyarankan kepada pembelajar bahasa Inggris untuk belajar melalui video game sehingga mereka menjadi pembelajar yang mandiri. Video game dapat memicu pembelajar untuk menerapkan strategi belajar kosakata yang paling banyak digunakan sehingga dapat menambah kosakata mereka.Lalu, peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terhadap tipe atau jenis video game yang berbeda, seperti RPG, simulasi, teka-teki, petualangan, dll.