Daftar Isi:
  • Instagram adalah salah satu platform media sosial berbasis fotografi. Pengguna instagram memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda dikarenakan motif penggunaan yang berbeda – beda pula. Ada empat motif penggunaan media, diantaranya adalah motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Berdasarkan motif-motif inilah peneliti dapat melihat kepuasan penggunaan media dari yang digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa Gandu, kecamatan Bagor, kabupaten Nganjuk. Tujuan melaksanakan penelitian di desa Gandu adalah bahwa pada desa tersebut memiliki masyarakat yang penduduknya masih percaya dengan tahayul dan praktek perdukunan. Dengan melihat tingkat kepuasan masyarakat desa yang masih percaya dengan hal – hal tersebut, diharapkan dapat menjadi gambaran mengenai seberapa besar efektifitas dan keberadaan setiap jenis media sosial sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dalam kehidupan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat desa dalam menggunakan media sosial – instagram. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pengambilan jumlah sampel diperoleh melalui perhitungan data dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh, dijadikan responden dan kemudian dianalisis tingkat kepuasannya sesuai dengan pengisian kuesioner yang dibagikan. Kuesioner yang dibagikan kepada responden, sebelumnya telah diuji tingkat kesahihannya dan kehandalannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat desa Gandu merasa puas dalam menggunakan aplikasi instagram. Dengan mayoritas pengguna adalah berjenis kelamin perempuan dengan total 57 responden, berusia 26 – 30 tahun dengan total 40 responden, serta frekuensi menggunakan 5 – 6 kali per hari sebanyak 45 responden. Dari hasil analisis jawaban responden melalui kuesioner, responden merasa puas terhadap aplikasi instagram baik dari motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan.