Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggaan Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya III Kediri

Main Author: Priyono, Teguh Priyambodo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2151/1/Priyono%2C%20Teguh%20Priyambodo.pdf
http://repository.ub.ac.id/2151/
Daftar Isi:
  • Penurunan jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya III Kediri cukup signifikan disebabkan karena ketidakpuasan terhadap layanan yang diberikan. Atas dasar tersebut maka perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui kualitas layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta menjelaskan keterkaitan hubungan antara pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya III, Kediri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode observasi dan kuesioner dilakukan kepada 72 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan memperhatikan uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji t menunjukkan bahwa bukti fisik, daya tanggap dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sedangkan keandalan dan jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan adalah daya tanggap. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan sebesar 63,8%. Sedangkan sisanya 36,2% variabel kepuasan akan dipengaruhi oleh variabel lain.