Efektivitas Metode Permainan Kreislauf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang
Main Author: | Islamiati, Winda Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/214/1/Winda%20Dian%20Islamiati.pdf http://repository.ub.ac.id/214/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat di minati di Indonesia. Kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing susah dipelajari. Pada saat pembelajaran bahasa jepang di SMAN 4 Malang, pembelajaran kosakata kurang mendapatkan perhatian yang baik, terutama di kelas X Lintas Minat sangat di butuhkan metode permainan untuk menarik perhatian siswa. Pada penelitian ini menggunakan permainan kreislauf guna untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana efektivitas metode permainan kreislauf dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang 2) Bagaimana Tanggapan siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan menggunakan metode permainan kreislauf. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian One group Pretest and Posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest, serta membuktikan bahwa penggunaan metode permainan kreislauf efektif dan signifikan dalam peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Jepang siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 4 Malang. Hasil angket pada penelitian ini diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat kuat terhadap metode permainan kreislauf sebagai metode pembelajaran kosakata.