Efektivitas Metode Permainan Kreislauf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang

Main Author: Islamiati, Winda Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/214/1/Winda%20Dian%20Islamiati.pdf
http://repository.ub.ac.id/214/
ctrlnum 214
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/214/</relation><title>Efektivitas Metode Permainan Kreislauf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang.</title><creator>Islamiati, Winda Dian</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat di minati di Indonesia. Kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing susah dipelajari. Pada saat pembelajaran bahasa jepang di SMAN 4 Malang, pembelajaran kosakata kurang mendapatkan perhatian yang baik, terutama di kelas X Lintas Minat sangat di butuhkan metode permainan untuk menarik perhatian siswa. Pada penelitian ini menggunakan permainan kreislauf guna untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana efektivitas metode permainan kreislauf dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang 2) Bagaimana Tanggapan siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan menggunakan metode permainan kreislauf. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian One group Pretest and Posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest, serta membuktikan bahwa penggunaan metode permainan kreislauf efektif dan signifikan dalam peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Jepang siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 4 Malang. Hasil angket pada penelitian ini diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat kuat terhadap metode permainan kreislauf sebagai metode pembelajaran kosakata.</description><date>2017-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/214/1/Winda%20Dian%20Islamiati.pdf</identifier><identifier> Islamiati, Winda Dian (2017) Efektivitas Metode Permainan Kreislauf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/337/051705176</relation><recordID>214</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Islamiati, Winda Dian
title Efektivitas Metode Permainan Kreislauf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang
publishDate 2017
topic 495.6 Japanese
url http://repository.ub.ac.id/214/1/Winda%20Dian%20Islamiati.pdf
http://repository.ub.ac.id/214/
contents Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat di minati di Indonesia. Kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing susah dipelajari. Pada saat pembelajaran bahasa jepang di SMAN 4 Malang, pembelajaran kosakata kurang mendapatkan perhatian yang baik, terutama di kelas X Lintas Minat sangat di butuhkan metode permainan untuk menarik perhatian siswa. Pada penelitian ini menggunakan permainan kreislauf guna untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana efektivitas metode permainan kreislauf dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang 2) Bagaimana Tanggapan siswa kelas X Lintas Minat di SMAN 4 Malang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan menggunakan metode permainan kreislauf. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design penelitian One group Pretest and Posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest, serta membuktikan bahwa penggunaan metode permainan kreislauf efektif dan signifikan dalam peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Jepang siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 4 Malang. Hasil angket pada penelitian ini diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat kuat terhadap metode permainan kreislauf sebagai metode pembelajaran kosakata.
id IOS4666.214
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2017-10-03T09:47:48Z
last_indexed 2021-10-18T02:06:23Z
recordtype dc
_version_ 1730142652812230656
score 17.538404