Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Konsumen Terhadap Niat Berbelanja di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus Menggunakan Technology Acceptance Model

Main Author: Ningrum, Sepdiyah Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2073/1/Sepdiyah%20Ayu%20Ningrum.pdf
http://repository.ub.ac.id/2073/
Daftar Isi:
  • E-commerce adalah transaksi bisnis dalam jaringan internet. Salah satu e-commerce yang terkenal adalah Forum Jual Beli Kaskus pada situs www.kaskus.co.id. Kepercayaan selalu menjadi elemen penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen dan telah terbukti signifikansi tinggi dalam lingkungan yang tidak pasti, seperti e-commerce. Dengan banyaknya kasus penipuan dalam e-commerce, maka konsumen merasa ragu untuk berbelanja di e-commerce karena takut beresiko. Penelitian ini menggunakan model modifikasi Technology Acceptance Model dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini menganalisis variabel apa sajakah yang mempengaruhi kepercayaan dan risiko dalam berbelanja di Kaskus. Penelitian ini mengembangkan kerangka teori yang menjelaskan apa saja yang mempengaruhi kepercayaan dan resiko terhadap niat konsumen untuk berbelanja di Kaskus. Sampel data dikumpulkan melalui survei berbasis kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa familiar dengan website, disposisi kepercayaan konsumen, persepsi perlindungan privasi, persepsi perlindungan keamanan, kualitas informasi dari situs web dan reputasi positif mempengaruhi kepercayaan konsumen. Familiar dengan website, kualitas informasi, dan reputasi website tidak mempengaruhi resiko dalam berbelanja di Kaskus. Kepercayaan konsumen, resiko, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan dalam menggunakan website Kaskus mempengaruhi niat konsumen untuk berbelanja di Kaskus.