Analisis Kualitas Layanan Website id.oriflame.com Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan E-S-Qual Dan E-Recs-Qual

Main Author: Nurlita, Rifa Izza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2045/1/Rifa%20Izza%C2%A0Nurlita.pdf
http://repository.ub.ac.id/2045/
Daftar Isi:
  • Website id.oriflame.com merupakan e-commerce produk kecantikan Oriflame Indonesia yang memberikan kesempatan kepada pelanggan (Konsultan Oriflame) untuk mengembangkan bisnisnya tanpa berbatas waktu dan lokasi. Sistem tersebut merupakan program online dimana Konsultan Oriflame dapat melihat semua informasi bisnisnya (katalog online, bonus, stok kosong, dan lain-lain) dengan mudah sehingga target pemasaran produk lebih mudah dikontrol. Layanan website id.oriflame.com diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan Konsultan. Dengan adanya kemudahan dari layanan website id.oriflame.com, namun berdasarkan hasil wawancara masih banyak keluhan yang dirasakan oleh Konsultan. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas layanan website id.oriflame.com belum sepenuhnya memuaskan Konsultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan website id.oriflame.com yang memengaruhi kepuasan Konsultan Oriflame menggunakan 7 variabel independen. Data dikumpulkan melalui kuesioner online sebanyak 140 responden Konsultan Oriflame Indonesia cabang Surabaya yang memiliki ID Konsultan dengan rentang usia antara 18-44 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan model E-S-QUAL dan E-RecS-QUAL serta metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kualitas layanan yang memengaruhi kepuasan Konsultan. Model dan kuesioner yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya dan disesuaikan dengan studi kasus yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa variabel yang memengaruhi kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) adalah Efficiency, System Availability, Fulfillment, Privacy, Compensation dan Contact. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap Customer Satisfaction adalah Fulfillment dan Contact.