Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid Nursery
Main Authors: | Pitaloka, Diha Ayu, Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si, Febriananda Faizal,, S.P., M.SP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/1/DIHA%20AYU%20PITALOKA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/ |
Daftar Isi:
- Saat ini para pelaku usaha sangat membutuhkan pertimbangan agar bisa dijadikan acuan merumuskan strategi untuk memenangkan persaingan khususnya untuk memperebutkan loyalitas pelanggan. Salah satu bentuk pertimbangan tersebut yaitu dengan mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Variabel tersebut antara lain harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Salah satu perusahaan yang berupaya untuk mengembangkan suatu strategi yang efektif untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan loyalitas dari pelanggannya yaitu DD Orchid Nursery. DD Orchid Nursery tidak hanya harus bersaing dengan nursery kecil maupun besar yang sudah lama ada, tetapi juga harus bersaingan dengan nursery baru yang semakin banyak bermunculan akhir-akhir ini yang dikarenakan peluang bisnis anggrek ini cukup menggiurkan. Imbas dari persaingan tersebut, pada Oktober 2020 hingga Mei 2021 penjualan DD Orchid Nursery fluktuatif dan cenderung menurun. Hal tersebut dikarenakan semakin benyaknya pesaing yang menjual anggrek dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan permasalahan yang ada di lapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pelanggan di DD Orchid Nursery dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kaulitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di DD Orchid Nursery. Penulis menggunakan pendekatan secara kuantiatif dengan analisis desktiptif statistik. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga bulan April 2022. Metode pengambilan sampling pada penelitian ini adalah dengan non probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling dengan menggunakan rumus dari Ferdinand (2014) dan sampel yang digunakan sebanyak 75 sampel. Pengumpulan data dilakukan secara online kepada responden dengan mengajukan kuesioner berupa google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS yang diolah menggunakan aplikasi/software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di DD Orchid Nursery didominasi oleh konsumen berjenis kelamin perempuan, berusia 31-40 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki pendapatan > Rp 4.000.000 per bulan, dan pendidikan terakhirnya adalah perguruan tinggi. Untuk variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan kualitas produk (X2), dan kualitas pelayanan (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) di DD Orchid Nursery dengan nilai koefisien jalur masing-masing pada variabel X1, X2, dan X3 sebesar 0,15; 0,42; 0,30. Sedangkan nilai p-value masing-masing sebesar 0.09, < 0,01; < 0,01. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak DD Orchid Nursery diharapkan ii untuk selalu bisa berkembang dan menjaga konsistensi dari harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan, khususnya dalam memberikan diskon atau bonus kepada pelanggannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan topik sejenis dengan menambah menggunakan variabel lain.