Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid Nursery
Main Authors: | Pitaloka, Diha Ayu, Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si, Febriananda Faizal,, S.P., M.SP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/1/DIHA%20AYU%20PITALOKA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/ |
ctrlnum |
196367 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/</relation><title>Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid
Nursery</title><creator>Pitaloka, Diha Ayu</creator><creator>Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si</creator><creator>Febriananda Faizal,, S.P., M.SP</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Saat ini para pelaku usaha sangat membutuhkan pertimbangan agar bisa
dijadikan acuan merumuskan strategi untuk memenangkan persaingan khususnya
untuk memperebutkan loyalitas pelanggan. Salah satu bentuk pertimbangan
tersebut yaitu dengan mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat
mempengaruhi loyalitas pelanggan. Variabel tersebut antara lain harga, kualitas
produk, dan kualitas pelayanan. Salah satu perusahaan yang berupaya untuk
mengembangkan suatu strategi yang efektif untuk membangun, meningkatkan,
dan mempertahankan loyalitas dari pelanggannya yaitu DD Orchid Nursery.
DD Orchid Nursery tidak hanya harus bersaing dengan nursery kecil
maupun besar yang sudah lama ada, tetapi juga harus bersaingan dengan nursery
baru yang semakin banyak bermunculan akhir-akhir ini yang dikarenakan peluang
bisnis anggrek ini cukup menggiurkan. Imbas dari persaingan tersebut, pada
Oktober 2020 hingga Mei 2021 penjualan DD Orchid Nursery fluktuatif dan
cenderung menurun. Hal tersebut dikarenakan semakin benyaknya pesaing yang
menjual anggrek dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan permasalahan yang
ada di lapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
karakteristik pelanggan di DD Orchid Nursery dan menganalisis pengaruh harga,
kualitas produk, dan kaulitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di DD
Orchid Nursery.
Penulis menggunakan pendekatan secara kuantiatif dengan analisis
desktiptif statistik. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Desa
Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Waktu pelaksanaan penelitian
dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga bulan April 2022. Metode
pengambilan sampling pada penelitian ini adalah dengan non probability
sampling dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling dengan
menggunakan rumus dari Ferdinand (2014) dan sampel yang digunakan sebanyak
75 sampel. Pengumpulan data dilakukan secara online kepada responden dengan
mengajukan kuesioner berupa google form. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS yang
diolah menggunakan aplikasi/software WarpPLS 7.0.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik
konsumen di DD Orchid Nursery didominasi oleh konsumen berjenis kelamin
perempuan, berusia 31-40 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki
pendapatan > Rp 4.000.000 per bulan, dan pendidikan terakhirnya adalah
perguruan tinggi. Untuk variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif namun
tidak signifikan, sedangkan kualitas produk (X2), dan kualitas pelayanan (X3)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y)
di DD Orchid Nursery dengan nilai koefisien jalur masing-masing pada variabel
X1, X2, dan X3 sebesar 0,15; 0,42; 0,30. Sedangkan nilai p-value masing-masing
sebesar 0.09, < 0,01; < 0,01.
Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak DD Orchid Nursery diharapkan
ii
untuk selalu bisa berkembang dan menjaga konsistensi dari harga, kualitas
produk, dan kualitas pelayanan, khususnya dalam memberikan diskon atau bonus
kepada pelanggannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan
topik sejenis dengan menambah menggunakan variabel lain.</description><date>2022-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/1/DIHA%20AYU%20PITALOKA.pdf</identifier><identifier> Pitaloka, Diha Ayu and Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si and Febriananda Faizal,, S.P., M.SP (2022) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid Nursery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522040195</relation><identifier>0522040195</identifier><recordID>196367</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pitaloka, Diha Ayu Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si Febriananda Faizal,, S.P., M.SP |
title |
Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid
Nursery |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780522040197 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/1/DIHA%20AYU%20PITALOKA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367/ |
contents |
Saat ini para pelaku usaha sangat membutuhkan pertimbangan agar bisa
dijadikan acuan merumuskan strategi untuk memenangkan persaingan khususnya
untuk memperebutkan loyalitas pelanggan. Salah satu bentuk pertimbangan
tersebut yaitu dengan mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat
mempengaruhi loyalitas pelanggan. Variabel tersebut antara lain harga, kualitas
produk, dan kualitas pelayanan. Salah satu perusahaan yang berupaya untuk
mengembangkan suatu strategi yang efektif untuk membangun, meningkatkan,
dan mempertahankan loyalitas dari pelanggannya yaitu DD Orchid Nursery.
DD Orchid Nursery tidak hanya harus bersaing dengan nursery kecil
maupun besar yang sudah lama ada, tetapi juga harus bersaingan dengan nursery
baru yang semakin banyak bermunculan akhir-akhir ini yang dikarenakan peluang
bisnis anggrek ini cukup menggiurkan. Imbas dari persaingan tersebut, pada
Oktober 2020 hingga Mei 2021 penjualan DD Orchid Nursery fluktuatif dan
cenderung menurun. Hal tersebut dikarenakan semakin benyaknya pesaing yang
menjual anggrek dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan permasalahan yang
ada di lapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
karakteristik pelanggan di DD Orchid Nursery dan menganalisis pengaruh harga,
kualitas produk, dan kaulitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di DD
Orchid Nursery.
Penulis menggunakan pendekatan secara kuantiatif dengan analisis
desktiptif statistik. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Desa
Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Waktu pelaksanaan penelitian
dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga bulan April 2022. Metode
pengambilan sampling pada penelitian ini adalah dengan non probability
sampling dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling dengan
menggunakan rumus dari Ferdinand (2014) dan sampel yang digunakan sebanyak
75 sampel. Pengumpulan data dilakukan secara online kepada responden dengan
mengajukan kuesioner berupa google form. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS yang
diolah menggunakan aplikasi/software WarpPLS 7.0.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik
konsumen di DD Orchid Nursery didominasi oleh konsumen berjenis kelamin
perempuan, berusia 31-40 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki
pendapatan > Rp 4.000.000 per bulan, dan pendidikan terakhirnya adalah
perguruan tinggi. Untuk variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif namun
tidak signifikan, sedangkan kualitas produk (X2), dan kualitas pelayanan (X3)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y)
di DD Orchid Nursery dengan nilai koefisien jalur masing-masing pada variabel
X1, X2, dan X3 sebesar 0,15; 0,42; 0,30. Sedangkan nilai p-value masing-masing
sebesar 0.09, < 0,01; < 0,01.
Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak DD Orchid Nursery diharapkan
ii
untuk selalu bisa berkembang dan menjaga konsistensi dari harga, kualitas
produk, dan kualitas pelayanan, khususnya dalam memberikan diskon atau bonus
kepada pelanggannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan
topik sejenis dengan menambah menggunakan variabel lain. |
id |
IOS4666.196367 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:28:24Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:28:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456447798968320 |
score |
17.538404 |