Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten Pekalongan

Main Authors: Fitri, Aulia Safira, Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D., Condro Puspo Nugroho,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/1/Aulia%20Safira%20Fitri.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan data Departemen Perindustrian, menunjukkan terdapat 56 industri pengolahan coklat berskala besar di Indonesia, sehingga banyaknya industri tersebut menunjukkan bahwa industri ini mempunyai tingkat persaingan yang ketat dan memiliki peluang cukup besar. Cokelat SilverQueen merupakan salah satu produk cokelat yang populer dan mampu bersaing dengan pasar cokelat yang ada di Indonesia. Namun Top Brand Index (TBI) SilverQueen menurun dari persentase 76,30% pada tahun 2016 menjadi 61,70% pada tahun 2020. Penurunan tersebut menunjukkan adanya penurunan kekuatan merek yang ada dibenak konsumen terhadap cokelat SilverQueen. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan mengenai loyalitas merek SilverQueen. Menurut Yohana (2017), salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas merek yaitu kepuasan Terdapat banyak hal yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk, salah satunya yaitu melalui bauran pemasaran. Menurut Kotler dalam Azmi et al. (2015), bauran pemasaran yaitu strategi yang digunakan dalam pemasaran, yakni unsur- unsur yang sering disebut dengan istilah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat/ saluran distribusi), dan Promotion (Promosi) dapat digunakan sebagai sebuah rangsangan perusahaan agar selalu mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, serta menganalisis pengaruh peran kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan tergolong pada penelitian survei dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis sosial ekonomi responden untuk mengetahui usia, jenis kelamin, dan pendapatan atau uang jajan perbulan dengan menggunakan persentase. Analisis deskripsi variabel penelitian menjelaskan tabel yang berisi mengenai jawaban responden berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada kuesioner tertutup dengan skala likert. Serta analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Square) untuk menguji secara simultan sebuah hubungan yang dibentuk dari salah satu atau lebih variabel bebas dengan satu atau lebih variabel terikat. Penelitian dilakukan di Kabupaten Pekalongan pada bulan Desember 2021 – Januari 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh secara langsung karakteriktik produk, harga, dan saluran viii distribusi terhadap loyalitas, yaitu signifikan. Namun promosi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan, pengaruh secara tidak langsung yakni terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas dengan menggunakan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator parsial. Selain itu, pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bauran pemasaran 4P menunjukkan bahwa karakteristik produk, harga, saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Namun, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan promosi produk cokelat SilverQueen dalam memberikan promosi pembelian yang dapat menarik minat konsumen, sehingga hal tersebut berpeluang menjadikan konsumen berpindah atau membeli produk pesaing. Selain itu, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sebab konsumen merasakan pengalaman baik terhadap produk cokelat SilverQueen yang sesuai dengan harapannya, sehingga menjadikan konsumen bersedia dalam melakukan pembelian ulang bahkan merekomendasikan produk kepada orang lain. Sererdapat peran kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P, yakni karakteristik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas yaitu mediasi parsial. Hal ini berarti kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas. Sehingga apabila konsumen merasa puas terhadap karakteristik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi serta dapat diterima baik oleh konsumen maka hal tersebut akan berdampak pada loyalitas kosumen produk cokelat SilverQueen