Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten Pekalongan
Main Authors: | Fitri, Aulia Safira, Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D., Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/1/Aulia%20Safira%20Fitri.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/ |
ctrlnum |
196341 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/</relation><title>Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas
Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten
Pekalongan</title><creator>Fitri, Aulia Safira</creator><creator>Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D.</creator><creator>Condro Puspo Nugroho,, SP., MP.</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Berdasarkan data Departemen Perindustrian, menunjukkan terdapat 56 industri
pengolahan coklat berskala besar di Indonesia, sehingga banyaknya industri
tersebut menunjukkan bahwa industri ini mempunyai tingkat persaingan yang ketat
dan memiliki peluang cukup besar. Cokelat SilverQueen merupakan salah satu
produk cokelat yang populer dan mampu bersaing dengan pasar cokelat yang ada
di Indonesia. Namun Top Brand Index (TBI) SilverQueen menurun dari persentase
76,30% pada tahun 2016 menjadi 61,70% pada tahun 2020. Penurunan tersebut
menunjukkan adanya penurunan kekuatan merek yang ada dibenak konsumen
terhadap cokelat SilverQueen. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan
mengenai loyalitas merek SilverQueen. Menurut Yohana (2017), salah satu faktor
yang dapat mempengaruhi loyalitas merek yaitu kepuasan Terdapat banyak hal
yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk, salah
satunya yaitu melalui bauran pemasaran. Menurut Kotler dalam Azmi et al. (2015),
bauran pemasaran yaitu strategi yang digunakan dalam pemasaran, yakni unsur-
unsur yang sering disebut dengan istilah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga),
Place (Tempat/ saluran distribusi), dan Promotion (Promosi) dapat digunakan
sebagai sebuah rangsangan perusahaan agar selalu mencapai tujuan pemasarannya
di pasar sasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran
pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan,
menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek SilverQueen
di Kabupaten Pekalongan, serta menganalisis pengaruh peran kepuasan konsumen
sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek
SilverQueen di Kabupaten Pekalongan.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan tergolong pada
penelitian survei dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis sosial ekonomi responden untuk mengetahui usia, jenis
kelamin, dan pendapatan atau uang jajan perbulan dengan menggunakan
persentase. Analisis deskripsi variabel penelitian menjelaskan tabel yang berisi
mengenai jawaban responden berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
pada kuesioner tertutup dengan skala likert. Serta analisis SEM-PLS (Structural
Equation Modeling - Partial Least Square) untuk menguji secara simultan sebuah
hubungan yang dibentuk dari salah satu atau lebih variabel bebas dengan satu atau
lebih variabel terikat. Penelitian dilakukan di Kabupaten Pekalongan pada bulan
Desember 2021 – Januari 2022.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada
karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap kepuasan
konsumen. Pengaruh secara langsung karakteriktik produk, harga, dan saluran
viii
distribusi terhadap loyalitas, yaitu signifikan. Namun promosi tidak terdapat
pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan, pengaruh secara tidak langsung
yakni terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran
distribusi, dan promosi terhadap loyalitas dengan menggunakan kepuasan
konsumen sebagai variabel mediator parsial. Selain itu, pengaruh kepuasan
konsumen terhadap loyalitas adalah signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bauran pemasaran 4P
menunjukkan bahwa karakteristik produk, harga, saluran distribusi berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas. Namun, promosi tidak berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas. Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan promosi produk cokelat
SilverQueen dalam memberikan promosi pembelian yang dapat menarik minat
konsumen, sehingga hal tersebut berpeluang menjadikan konsumen berpindah atau
membeli produk pesaing. Selain itu, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas sebab konsumen merasakan pengalaman baik terhadap produk
cokelat SilverQueen yang sesuai dengan harapannya, sehingga menjadikan
konsumen bersedia dalam melakukan pembelian ulang bahkan merekomendasikan
produk kepada orang lain. Sererdapat peran kepuasan konsumen sebagai variabel
mediasi pada bauran pemasaran 4P, yakni karakteristik produk, harga, saluran
distribusi, dan promosi terhadap loyalitas yaitu mediasi parsial. Hal ini berarti
kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan bauran pemasaran 4P terhadap
loyalitas. Sehingga apabila konsumen merasa puas terhadap karakteristik produk,
harga, saluran distribusi, dan promosi serta dapat diterima baik oleh konsumen
maka hal tersebut akan berdampak pada loyalitas kosumen produk cokelat
SilverQueen</description><date>2022-07-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/1/Aulia%20Safira%20Fitri.pdf</identifier><identifier> Fitri, Aulia Safira and Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D. and Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten Pekalongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522040177</relation><identifier>0522040177</identifier><recordID>196341</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fitri, Aulia Safira Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D. Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. |
title |
Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas
Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten
Pekalongan |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780522040173 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/1/Aulia%20Safira%20Fitri.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341/ |
contents |
Berdasarkan data Departemen Perindustrian, menunjukkan terdapat 56 industri
pengolahan coklat berskala besar di Indonesia, sehingga banyaknya industri
tersebut menunjukkan bahwa industri ini mempunyai tingkat persaingan yang ketat
dan memiliki peluang cukup besar. Cokelat SilverQueen merupakan salah satu
produk cokelat yang populer dan mampu bersaing dengan pasar cokelat yang ada
di Indonesia. Namun Top Brand Index (TBI) SilverQueen menurun dari persentase
76,30% pada tahun 2016 menjadi 61,70% pada tahun 2020. Penurunan tersebut
menunjukkan adanya penurunan kekuatan merek yang ada dibenak konsumen
terhadap cokelat SilverQueen. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan
mengenai loyalitas merek SilverQueen. Menurut Yohana (2017), salah satu faktor
yang dapat mempengaruhi loyalitas merek yaitu kepuasan Terdapat banyak hal
yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk, salah
satunya yaitu melalui bauran pemasaran. Menurut Kotler dalam Azmi et al. (2015),
bauran pemasaran yaitu strategi yang digunakan dalam pemasaran, yakni unsur-
unsur yang sering disebut dengan istilah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga),
Place (Tempat/ saluran distribusi), dan Promotion (Promosi) dapat digunakan
sebagai sebuah rangsangan perusahaan agar selalu mencapai tujuan pemasarannya
di pasar sasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran
pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan,
menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek SilverQueen
di Kabupaten Pekalongan, serta menganalisis pengaruh peran kepuasan konsumen
sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek
SilverQueen di Kabupaten Pekalongan.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan tergolong pada
penelitian survei dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis sosial ekonomi responden untuk mengetahui usia, jenis
kelamin, dan pendapatan atau uang jajan perbulan dengan menggunakan
persentase. Analisis deskripsi variabel penelitian menjelaskan tabel yang berisi
mengenai jawaban responden berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
pada kuesioner tertutup dengan skala likert. Serta analisis SEM-PLS (Structural
Equation Modeling - Partial Least Square) untuk menguji secara simultan sebuah
hubungan yang dibentuk dari salah satu atau lebih variabel bebas dengan satu atau
lebih variabel terikat. Penelitian dilakukan di Kabupaten Pekalongan pada bulan
Desember 2021 – Januari 2022.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada
karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap kepuasan
konsumen. Pengaruh secara langsung karakteriktik produk, harga, dan saluran
viii
distribusi terhadap loyalitas, yaitu signifikan. Namun promosi tidak terdapat
pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan, pengaruh secara tidak langsung
yakni terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran
distribusi, dan promosi terhadap loyalitas dengan menggunakan kepuasan
konsumen sebagai variabel mediator parsial. Selain itu, pengaruh kepuasan
konsumen terhadap loyalitas adalah signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bauran pemasaran 4P
menunjukkan bahwa karakteristik produk, harga, saluran distribusi berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas. Namun, promosi tidak berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas. Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan promosi produk cokelat
SilverQueen dalam memberikan promosi pembelian yang dapat menarik minat
konsumen, sehingga hal tersebut berpeluang menjadikan konsumen berpindah atau
membeli produk pesaing. Selain itu, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas sebab konsumen merasakan pengalaman baik terhadap produk
cokelat SilverQueen yang sesuai dengan harapannya, sehingga menjadikan
konsumen bersedia dalam melakukan pembelian ulang bahkan merekomendasikan
produk kepada orang lain. Sererdapat peran kepuasan konsumen sebagai variabel
mediasi pada bauran pemasaran 4P, yakni karakteristik produk, harga, saluran
distribusi, dan promosi terhadap loyalitas yaitu mediasi parsial. Hal ini berarti
kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan bauran pemasaran 4P terhadap
loyalitas. Sehingga apabila konsumen merasa puas terhadap karakteristik produk,
harga, saluran distribusi, dan promosi serta dapat diterima baik oleh konsumen
maka hal tersebut akan berdampak pada loyalitas kosumen produk cokelat
SilverQueen |
id |
IOS4666.196341 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:28:19Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:28:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456447229591552 |
score |
17.538404 |