Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Pelayanan Ruang Baca Teknik Industri Dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis
Main Authors: | Dahlan, Ilham Achwani, Ir. Nasir Widha Setyanto, ST, MT, IPM., ASEAN Eng., Ir. Rahmi Yuniarti, ST, MT., IPM. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195631/1/Ilham%20Achwani%20Dahlan.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195631/ |
Daftar Isi:
- Jurusan Teknik Industri merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik dengan mahasiswa aktif sebanyak 836 mahasiswa pada ajaran tahun 2019-2020. Dari banyaknya jumlah mahasiswa tersebut, pihak Jurusan Teknik Industri harus memperhatikan pelayanan untuk kebutuhan mahasiswa. Namun di tahun 2020 virus covid-19 masuk ke negara Indonesia, sehingga terjadi pandemi yang berdampak pada berbagai aktivitas layanan kampus. Salah satu pelayanan tersebut yaitu Ruang Baca Teknik Industri (RBTI). RBTI merupakan salah satu pelayanan yang ada di Teknik Industri Universitas Brawijaya yang menyediakan berbagai macam buku, jurnal, hingga penelitian mahasiswa untuk dijadikan sumber bacaan mahasiswa Teknik Industri. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pihak RBTI harus terus mengawasi pelayanan yang diberikan. Pihak RBTI sampai saat ini dapat dikatakan belum sepenuhnya mengevaluasi kinerja pelayanan. Hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan RBTI. Sehingga perlu dilakukan pengukuran kualitas pelayanan RBTI pada dua kondisi yang berbeda yaitu pada saat kondisi sebelum pandemi dan saat pandemi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality untuk mengukur kualitas suatu layanan dan dapat mengidentifikasi penyebab dari permasalahan tersebut, selanjutnya Gap analysis dilakukan terhadap atribut pelayanan yang sudah dikategorikan ke dalam 5 dimensi yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles dan dilakukan pengujian Importance Performance Analysis untuk mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas perbaikan kualitas pelayanan Ruang Baca. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui teknik komunikasi dengan menggunakan kuesioner, Kuesioner diberikan kepada mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 keatas yang masih aktif dikarenakan mahasiswa tersebut pernah merasakan fasilitas Ruang Baca Teknik Industri sebelum dan saat pandemi.