Praktik Manajemen Pengetahuan Berbasis Knowledge-Based View Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus PT PLN (Persero)

Main Authors: Novianti, Khusnul Rofida, Prof.Dr. Ubud Salim,, SE,. MA, Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D, Prof.Dr. Ubud Salim,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/1/Khusnul%20Rofida%20Novianti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/
ctrlnum 195447
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/</relation><title>Praktik Manajemen Pengetahuan Berbasis Knowledge-Based View Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus PT PLN (Persero)</title><creator>Novianti, Khusnul Rofida</creator><creator>Prof.Dr. Ubud Salim,, SE,. MA</creator><creator>Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D</creator><creator>Prof.Dr. Ubud Salim,</creator><subject>658.403 8 Information management</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen pengetahuan menggunakan pandangan berbasis pengetahuan (Knowledge-Based View) serta tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan manajemen pengetahuan dalam upaya meraih keunggulan kompetitif yang dilakukan oleh PT PLN (Persero). PT PLN (Persero) merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi listrik.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan desain penelitian menggunakan studi kasus (single case). Obyek penelitian ini adalah tim knowledge management PT PLN (Persero) kantor pusat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, review dokumen, arsip dan website korporat.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif PLN diraih dengan knowledge sharing sebagai budaya organisasi, menjadikan manajemen pengetahuan sebagai usaha peningkatan kinerja individu dan organisasi serta dengan memaksimalkan peran KM. Tantangan manajemen pengetahuan berasal dari faktor eksternal (semakin meningkatnya IPP/ Independent Power Producer serta ketersediaan sumber daya energi), dan faktor internal (adanya perbedaan gap generasi, tingginya tingkat rotasi pegawai tanpa didukung oleh transfer pengetahuan yang memadai, pemilihan metode transfer pengetahuan yang cocok, kurangnya pendokumentasian transfer pengetahuan serta struktur organisasi).</description><date>2017-09-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/1/Khusnul%20Rofida%20Novianti.pdf</identifier><identifier> Novianti, Khusnul Rofida and Prof.Dr. Ubud Salim,, SE,. MA and Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D and Prof.Dr. Ubud Salim, (2017) Praktik Manajemen Pengetahuan Berbasis Knowledge-Based View Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus PT PLN (Persero). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/658.403 8/NOV/p/2017/041712086</relation><identifier>TES/658.403 8/NOV/p/2017/041712086</identifier><recordID>195447</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Novianti, Khusnul Rofida
Prof.Dr. Ubud Salim,, SE,. MA
Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D
Prof.Dr. Ubud Salim,
title Praktik Manajemen Pengetahuan Berbasis Knowledge-Based View Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus PT PLN (Persero)
publishDate 2017
topic 658.403 8 Information management
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/1/Khusnul%20Rofida%20Novianti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195447/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen pengetahuan menggunakan pandangan berbasis pengetahuan (Knowledge-Based View) serta tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan manajemen pengetahuan dalam upaya meraih keunggulan kompetitif yang dilakukan oleh PT PLN (Persero). PT PLN (Persero) merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi listrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan desain penelitian menggunakan studi kasus (single case). Obyek penelitian ini adalah tim knowledge management PT PLN (Persero) kantor pusat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, review dokumen, arsip dan website korporat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif PLN diraih dengan knowledge sharing sebagai budaya organisasi, menjadikan manajemen pengetahuan sebagai usaha peningkatan kinerja individu dan organisasi serta dengan memaksimalkan peran KM. Tantangan manajemen pengetahuan berasal dari faktor eksternal (semakin meningkatnya IPP/ Independent Power Producer serta ketersediaan sumber daya energi), dan faktor internal (adanya perbedaan gap generasi, tingginya tingkat rotasi pegawai tanpa didukung oleh transfer pengetahuan yang memadai, pemilihan metode transfer pengetahuan yang cocok, kurangnya pendokumentasian transfer pengetahuan serta struktur organisasi).
id IOS4666.195447
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:27:40Z
last_indexed 2022-12-06T07:27:40Z
recordtype dc
_version_ 1751456437623586816
score 17.538404