Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang)
Main Authors: | Rahayu, Karisma Sri, Dr. Drs. Edy Yulianto, MP., Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/ |
ctrlnum |
195342 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/</relation><title>Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan
customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe
Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang)</title><creator>Rahayu, Karisma Sri</creator><creator>Dr. Drs. Edy Yulianto, MP.</creator><creator>Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA</creator><subject>658.812 Customer relations</subject><description>Dibidang pemasaran munculnya teknologi (gadget dan internet) membuat
perubahan geografis dan perubahan daya beli, secara perlahan hal ini akan
mengubah perilaku dan nilai serta budaya yang dianut oleh konsumen. Hal ini
membuat konsumen memiliki berbagai alternatif untuk melakukan keputusan
pembelian yang akan berdampak pada pembelian selanjutnya. Untuk itu
diperlukan pemahaman tentang experience quality dalam memprediksi perilaku
konsumen dimasa depan yakni menjadi customer loyalty.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh
experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction
serta dampaknya pada customer loyalty. Jenis penelitian ini merupakan
explanatory research. Unit analisisnya adalah konsumen yang telah melakukan
pembelian di kafe outdoor. Lokasi penelitian ini berada di kota Malang yakni kafe
outdoor bernuansa alam yang dipilih bedasarkan pertimbangan sebagai kafe
pertama yang memiliki konsep outdoor terbaru dengan nuansa alami. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode two stage
sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanya 168 responden.
Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data primer dalam penelitian
yang kemudian diolah menggunakan software SPSS 23 dan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) experience quality (X)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer perceive value (Y1); (2)
experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
satisfaction (Y2); (3) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer loyalty (Y3); (4) customer perceive value (Y1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (Y2); (5) customer perceive
value (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3); dan
(6) customer satisfaction (Y2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer loyalty (Y3).
Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan customer loyalty di
masa yang akan datang maka pihak manajemen kafe outdoor bernuansa alam
harus meningkatkan experience quality yang sesuai dengan customer perceive
value sehingga dapat menjadikan customer satisfaction.</description><date>2018-12-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Karisma Sri and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP. and Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA (2018) Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/658.812/RAH/p/2019/041901732</relation><identifier>TES/658.812/RAH/p/2019/041901732</identifier><recordID>195342</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rahayu, Karisma Sri Dr. Drs. Edy Yulianto, MP. Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA |
title |
Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan
customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe
Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang) |
publishDate |
2018 |
topic |
658.812 Customer relations |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/ |
contents |
Dibidang pemasaran munculnya teknologi (gadget dan internet) membuat
perubahan geografis dan perubahan daya beli, secara perlahan hal ini akan
mengubah perilaku dan nilai serta budaya yang dianut oleh konsumen. Hal ini
membuat konsumen memiliki berbagai alternatif untuk melakukan keputusan
pembelian yang akan berdampak pada pembelian selanjutnya. Untuk itu
diperlukan pemahaman tentang experience quality dalam memprediksi perilaku
konsumen dimasa depan yakni menjadi customer loyalty.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh
experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction
serta dampaknya pada customer loyalty. Jenis penelitian ini merupakan
explanatory research. Unit analisisnya adalah konsumen yang telah melakukan
pembelian di kafe outdoor. Lokasi penelitian ini berada di kota Malang yakni kafe
outdoor bernuansa alam yang dipilih bedasarkan pertimbangan sebagai kafe
pertama yang memiliki konsep outdoor terbaru dengan nuansa alami. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode two stage
sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanya 168 responden.
Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data primer dalam penelitian
yang kemudian diolah menggunakan software SPSS 23 dan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) experience quality (X)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer perceive value (Y1); (2)
experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
satisfaction (Y2); (3) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer loyalty (Y3); (4) customer perceive value (Y1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (Y2); (5) customer perceive
value (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3); dan
(6) customer satisfaction (Y2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer loyalty (Y3).
Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan customer loyalty di
masa yang akan datang maka pihak manajemen kafe outdoor bernuansa alam
harus meningkatkan experience quality yang sesuai dengan customer perceive
value sehingga dapat menjadikan customer satisfaction. |
id |
IOS4666.195342 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:27:36Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:27:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456436499513344 |
score |
17.538404 |