Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang)

Main Authors: Rahayu, Karisma Sri, Dr. Drs. Edy Yulianto, MP., Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/
ctrlnum 195342
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/</relation><title>Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan&#xD; customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe&#xD; Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang)</title><creator>Rahayu, Karisma Sri</creator><creator>Dr. Drs. Edy Yulianto, MP.</creator><creator>Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA</creator><subject>658.812 Customer relations</subject><description>Dibidang pemasaran munculnya teknologi (gadget dan internet) membuat&#xD; perubahan geografis dan perubahan daya beli, secara perlahan hal ini akan&#xD; mengubah perilaku dan nilai serta budaya yang dianut oleh konsumen. Hal ini&#xD; membuat konsumen memiliki berbagai alternatif untuk melakukan keputusan&#xD; pembelian yang akan berdampak pada pembelian selanjutnya. Untuk itu&#xD; diperlukan pemahaman tentang experience quality dalam memprediksi perilaku&#xD; konsumen dimasa depan yakni menjadi customer loyalty.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh&#xD; experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction&#xD; serta dampaknya pada customer loyalty. Jenis penelitian ini merupakan&#xD; explanatory research. Unit analisisnya adalah konsumen yang telah melakukan&#xD; pembelian di kafe outdoor. Lokasi penelitian ini berada di kota Malang yakni kafe&#xD; outdoor bernuansa alam yang dipilih bedasarkan pertimbangan sebagai kafe&#xD; pertama yang memiliki konsep outdoor terbaru dengan nuansa alami. Teknik&#xD; sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode two stage&#xD; sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanya 168 responden.&#xD; Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data primer dalam penelitian&#xD; yang kemudian diolah menggunakan software SPSS 23 dan SmartPLS 3.0.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) experience quality (X)&#xD; berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer perceive value (Y1); (2)&#xD; experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer&#xD; satisfaction (Y2); (3) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan&#xD; terhadap customer loyalty (Y3); (4) customer perceive value (Y1) berpengaruh&#xD; positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (Y2); (5) customer perceive&#xD; value (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3); dan&#xD; (6) customer satisfaction (Y2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap&#xD; customer loyalty (Y3).&#xD; Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan customer loyalty di&#xD; masa yang akan datang maka pihak manajemen kafe outdoor bernuansa alam&#xD; harus meningkatkan experience quality yang sesuai dengan customer perceive&#xD; value sehingga dapat menjadikan customer satisfaction.</description><date>2018-12-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Karisma Sri and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP. and Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA (2018) Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/658.812/RAH/p/2019/041901732</relation><identifier>TES/658.812/RAH/p/2019/041901732</identifier><recordID>195342</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahayu, Karisma Sri
Dr. Drs. Edy Yulianto, MP.
Andriani Kusumawati, S.Sos.,M.Si.,DBA
title Pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty (Studi pada Kafe Outdoor Bernuansa Alam di Kota Malang)
publishDate 2018
topic 658.812 Customer relations
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/1/Karisma%20Sri%20Rahayu.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195342/
contents Dibidang pemasaran munculnya teknologi (gadget dan internet) membuat perubahan geografis dan perubahan daya beli, secara perlahan hal ini akan mengubah perilaku dan nilai serta budaya yang dianut oleh konsumen. Hal ini membuat konsumen memiliki berbagai alternatif untuk melakukan keputusan pembelian yang akan berdampak pada pembelian selanjutnya. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang experience quality dalam memprediksi perilaku konsumen dimasa depan yakni menjadi customer loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh experience quality terhadap customer perceive value dan customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research. Unit analisisnya adalah konsumen yang telah melakukan pembelian di kafe outdoor. Lokasi penelitian ini berada di kota Malang yakni kafe outdoor bernuansa alam yang dipilih bedasarkan pertimbangan sebagai kafe pertama yang memiliki konsep outdoor terbaru dengan nuansa alami. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode two stage sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanya 168 responden. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data primer dalam penelitian yang kemudian diolah menggunakan software SPSS 23 dan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer perceive value (Y1); (2) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (Y2); (3) experience quality (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3); (4) customer perceive value (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (Y2); (5) customer perceive value (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3); dan (6) customer satisfaction (Y2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y3). Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan customer loyalty di masa yang akan datang maka pihak manajemen kafe outdoor bernuansa alam harus meningkatkan experience quality yang sesuai dengan customer perceive value sehingga dapat menjadikan customer satisfaction.
id IOS4666.195342
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:27:36Z
last_indexed 2022-12-06T07:27:36Z
recordtype dc
_version_ 1751456436499513344
score 17.538404