Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Main Author: | Demafaris Pradana, Narayana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/1/Narayana%20Demafaris%20Pradana.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/ |
ctrlnum |
194354 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/</relation><title>Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan
pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Heuristic
Evaluation</title><creator>Demafaris Pradana, Narayana</creator><subject>004 Computer science</subject><description>E-Kinerja Kabupaten Kediri merupakan sebuah aplikasi E-Government berupa
sistem informasi yang dapat mencatat dan melaporkan hasil kinerja setiap
pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil
wawancara dengan pengguna aplikasi diketahui bahwa terdapat beberapa
masalah usability yang pengguna rasakan. Hal ini terjadi karena belum pernah
dilakukan evaluasi pada antarmuka pengguna aplikasi sejak pertama kali dirilis.
Adanya masalah usability dapat mengurangi produktivitas pengguna dalam
menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, evaluasi untuk menemukan dan
mengatasi masalah usability pada suatu antarmuka pengguna sangat diperlukan.
Heuristic Evaluation merupakan sebuah metode untuk melakukan evaluasi
usability yang melibatkan ahli sebagai evaluator dalam menilai elemen-elemen
yang ada pada suatu sistem mengikuti prinsip heuristic usability. Prinsip heuristic
usability yang digunakan oleh evaluator pada penelitian ini meliputi sembilan
prinsip yang diusulkan oleh Monroy. Evaluator menilai severity rating setiap
masalah usability yang ditemukan dengan nilai skala 1-5. Evaluasi dilakukan dalam
tiga tahap. Tahap pertama merupakan evaluasi awal yang dilakukan oleh tiga ahli
usability sebagai evaluator. Evaluasi awal menghasilkan 23 temuan masalah
usability. Tahap kedua adalah penyusunan rekomendasi perbaikan dan
perancangan wireframe serta rekomendasi perbaikan desain berupa desain high-
fidelity prototype. Tahap terakhir adalah evaluasi lanjut terhadap desain high-
fidelity prototype yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Evaluasi lanjut
dilakukan oleh tiga evaluator yang sama dengan evaluasi awal. Evaluasi lanjut
menghasilkan lima temuan masalah usability yang terdiri dari dua temuan
masalah usability baru dan tiga masalah usability lama yang masih belum hilang</description><date>2020-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/1/Narayana%20Demafaris%20Pradana.pdf</identifier><identifier> Demafaris Pradana, Narayana (2020) Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150446</relation><identifier>0520150446</identifier><recordID>194354</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Demafaris Pradana, Narayana |
title |
Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan
pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Heuristic
Evaluation |
publishDate |
2020 |
isbn |
9780520150447 |
topic |
004 Computer science |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/1/Narayana%20Demafaris%20Pradana.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194354/ |
contents |
E-Kinerja Kabupaten Kediri merupakan sebuah aplikasi E-Government berupa
sistem informasi yang dapat mencatat dan melaporkan hasil kinerja setiap
pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil
wawancara dengan pengguna aplikasi diketahui bahwa terdapat beberapa
masalah usability yang pengguna rasakan. Hal ini terjadi karena belum pernah
dilakukan evaluasi pada antarmuka pengguna aplikasi sejak pertama kali dirilis.
Adanya masalah usability dapat mengurangi produktivitas pengguna dalam
menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, evaluasi untuk menemukan dan
mengatasi masalah usability pada suatu antarmuka pengguna sangat diperlukan.
Heuristic Evaluation merupakan sebuah metode untuk melakukan evaluasi
usability yang melibatkan ahli sebagai evaluator dalam menilai elemen-elemen
yang ada pada suatu sistem mengikuti prinsip heuristic usability. Prinsip heuristic
usability yang digunakan oleh evaluator pada penelitian ini meliputi sembilan
prinsip yang diusulkan oleh Monroy. Evaluator menilai severity rating setiap
masalah usability yang ditemukan dengan nilai skala 1-5. Evaluasi dilakukan dalam
tiga tahap. Tahap pertama merupakan evaluasi awal yang dilakukan oleh tiga ahli
usability sebagai evaluator. Evaluasi awal menghasilkan 23 temuan masalah
usability. Tahap kedua adalah penyusunan rekomendasi perbaikan dan
perancangan wireframe serta rekomendasi perbaikan desain berupa desain high-
fidelity prototype. Tahap terakhir adalah evaluasi lanjut terhadap desain high-
fidelity prototype yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Evaluasi lanjut
dilakukan oleh tiga evaluator yang sama dengan evaluasi awal. Evaluasi lanjut
menghasilkan lima temuan masalah usability yang terdiri dari dua temuan
masalah usability baru dan tiga masalah usability lama yang masih belum hilang |
id |
IOS4666.194354 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:26:49Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:26:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456422110953472 |
score |
17.538404 |