Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy)

Main Author: Alif Kresnanto, Mochammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/
ctrlnum 194327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/</relation><title>Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi&#xD; Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience&#xD; Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy)</title><creator>Alif Kresnanto, Mochammad</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami perkembangan yang&#xD; pesat dari tahun ke tahun. Banyaknya fasilitas kemudahan-kemudahan yang&#xD; ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak&#xD; pada kegiatan sehari-hari. Salah satu sektor yang memperoleh dampak adalah&#xD; bisnis perhotelan. Dimana beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi&#xD; yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan booking hotel.&#xD; Dua dari sekian banyak aplikasi ini adalah RedDoorz dan Airy, dimana kedua&#xD; aplikasi ini sudah di unduh lebih dari lima ribu pengguna. Hal ini menunjukkan&#xD; bahwa aplikasi ini diminati oleh pengguna dalam melakukan booking hotel. Dalam&#xD; ulasan yang diberikan oleh pengguna pada masing-masing aplikasi menunjukkan&#xD; berbagai respon dari pengguna dimana ada yang memberi respon positif dan&#xD; respon negatif. Dalam beberapa ulasan yang diberikan oleh pengguna diketahui&#xD; merupakan ulasan tentang pelayanan dan kesan yang dirasakan oleh para&#xD; pengguna saat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. tujuan dari penelitian&#xD; ini adalah untuk mengetahui kualitas dari masing-masing aplikasi dengan&#xD; menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dimana metode ini&#xD; digunakan untuk menilai kualitas suatu produk atau aplikasi berdasarkan impresi&#xD; dari pengguna saat menggunakan sebuah produk atau aplikasi. UEQ memiliki&#xD; enam skala penilaian diantaranya adalah attractiveness, efficiency, perspicuity,&#xD; dependability, stimulation dan novelty. Masing masing dari skala yang ada pada&#xD; UEQ menggambarkan impresi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan&#xD; salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Dalam penelitan ini responden memiliki&#xD; latar belakang yang berbeda-beda dengan kisaran usia dari 18 tahun sampai&#xD; dengan 34 tahun yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi.&#xD; Hasil dari analisis menggunakan UEQ menunjukkan bahwa penelitian yang&#xD; dilakukan memperoleh nilai keberhasilah yang cukup tinggi dimana dapat&#xD; diketahui bahwa Airy memeperoleh nilai yang lebih baik pada beberapa skala yang&#xD; ada pada UEQ daripada RedDoorz.</description><date>2020-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf</identifier><identifier> Alif Kresnanto, Mochammad (2020) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150443</relation><identifier>0520150443</identifier><recordID>194327</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Alif Kresnanto, Mochammad
title Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy)
publishDate 2020
isbn 9780520150447
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/
contents Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Banyaknya fasilitas kemudahan-kemudahan yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak pada kegiatan sehari-hari. Salah satu sektor yang memperoleh dampak adalah bisnis perhotelan. Dimana beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan booking hotel. Dua dari sekian banyak aplikasi ini adalah RedDoorz dan Airy, dimana kedua aplikasi ini sudah di unduh lebih dari lima ribu pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini diminati oleh pengguna dalam melakukan booking hotel. Dalam ulasan yang diberikan oleh pengguna pada masing-masing aplikasi menunjukkan berbagai respon dari pengguna dimana ada yang memberi respon positif dan respon negatif. Dalam beberapa ulasan yang diberikan oleh pengguna diketahui merupakan ulasan tentang pelayanan dan kesan yang dirasakan oleh para pengguna saat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari masing-masing aplikasi dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dimana metode ini digunakan untuk menilai kualitas suatu produk atau aplikasi berdasarkan impresi dari pengguna saat menggunakan sebuah produk atau aplikasi. UEQ memiliki enam skala penilaian diantaranya adalah attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty. Masing masing dari skala yang ada pada UEQ menggambarkan impresi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Dalam penelitan ini responden memiliki latar belakang yang berbeda-beda dengan kisaran usia dari 18 tahun sampai dengan 34 tahun yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi. Hasil dari analisis menggunakan UEQ menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan memperoleh nilai keberhasilah yang cukup tinggi dimana dapat diketahui bahwa Airy memeperoleh nilai yang lebih baik pada beberapa skala yang ada pada UEQ daripada RedDoorz.
id IOS4666.194327
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:26:49Z
last_indexed 2022-12-06T07:26:49Z
recordtype dc
_version_ 1751456421729271808
score 17.538404