Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy)
Main Author: | Alif Kresnanto, Mochammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/ |
ctrlnum |
194327 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/</relation><title>Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi
Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience
Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy)</title><creator>Alif Kresnanto, Mochammad</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami perkembangan yang
pesat dari tahun ke tahun. Banyaknya fasilitas kemudahan-kemudahan yang
ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak
pada kegiatan sehari-hari. Salah satu sektor yang memperoleh dampak adalah
bisnis perhotelan. Dimana beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi
yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan booking hotel.
Dua dari sekian banyak aplikasi ini adalah RedDoorz dan Airy, dimana kedua
aplikasi ini sudah di unduh lebih dari lima ribu pengguna. Hal ini menunjukkan
bahwa aplikasi ini diminati oleh pengguna dalam melakukan booking hotel. Dalam
ulasan yang diberikan oleh pengguna pada masing-masing aplikasi menunjukkan
berbagai respon dari pengguna dimana ada yang memberi respon positif dan
respon negatif. Dalam beberapa ulasan yang diberikan oleh pengguna diketahui
merupakan ulasan tentang pelayanan dan kesan yang dirasakan oleh para
pengguna saat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kualitas dari masing-masing aplikasi dengan
menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dimana metode ini
digunakan untuk menilai kualitas suatu produk atau aplikasi berdasarkan impresi
dari pengguna saat menggunakan sebuah produk atau aplikasi. UEQ memiliki
enam skala penilaian diantaranya adalah attractiveness, efficiency, perspicuity,
dependability, stimulation dan novelty. Masing masing dari skala yang ada pada
UEQ menggambarkan impresi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan
salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Dalam penelitan ini responden memiliki
latar belakang yang berbeda-beda dengan kisaran usia dari 18 tahun sampai
dengan 34 tahun yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi.
Hasil dari analisis menggunakan UEQ menunjukkan bahwa penelitian yang
dilakukan memperoleh nilai keberhasilah yang cukup tinggi dimana dapat
diketahui bahwa Airy memeperoleh nilai yang lebih baik pada beberapa skala yang
ada pada UEQ daripada RedDoorz.</description><date>2020-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf</identifier><identifier> Alif Kresnanto, Mochammad (2020) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150443</relation><identifier>0520150443</identifier><recordID>194327</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Alif Kresnanto, Mochammad |
title |
Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi
Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience
Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy) |
publishDate |
2020 |
isbn |
9780520150447 |
topic |
004 Computer science |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/1/Mochammad%20Alif%20Kresnanto.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327/ |
contents |
Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami perkembangan yang
pesat dari tahun ke tahun. Banyaknya fasilitas kemudahan-kemudahan yang
ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak
pada kegiatan sehari-hari. Salah satu sektor yang memperoleh dampak adalah
bisnis perhotelan. Dimana beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi
yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan booking hotel.
Dua dari sekian banyak aplikasi ini adalah RedDoorz dan Airy, dimana kedua
aplikasi ini sudah di unduh lebih dari lima ribu pengguna. Hal ini menunjukkan
bahwa aplikasi ini diminati oleh pengguna dalam melakukan booking hotel. Dalam
ulasan yang diberikan oleh pengguna pada masing-masing aplikasi menunjukkan
berbagai respon dari pengguna dimana ada yang memberi respon positif dan
respon negatif. Dalam beberapa ulasan yang diberikan oleh pengguna diketahui
merupakan ulasan tentang pelayanan dan kesan yang dirasakan oleh para
pengguna saat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kualitas dari masing-masing aplikasi dengan
menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dimana metode ini
digunakan untuk menilai kualitas suatu produk atau aplikasi berdasarkan impresi
dari pengguna saat menggunakan sebuah produk atau aplikasi. UEQ memiliki
enam skala penilaian diantaranya adalah attractiveness, efficiency, perspicuity,
dependability, stimulation dan novelty. Masing masing dari skala yang ada pada
UEQ menggambarkan impresi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan
salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Dalam penelitan ini responden memiliki
latar belakang yang berbeda-beda dengan kisaran usia dari 18 tahun sampai
dengan 34 tahun yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi.
Hasil dari analisis menggunakan UEQ menunjukkan bahwa penelitian yang
dilakukan memperoleh nilai keberhasilah yang cukup tinggi dimana dapat
diketahui bahwa Airy memeperoleh nilai yang lebih baik pada beberapa skala yang
ada pada UEQ daripada RedDoorz. |
id |
IOS4666.194327 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:26:49Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:26:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456421729271808 |
score |
17.538404 |