Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembeliam (Survei Pada Pembeli Seblak Calingcing di Kota Malang)
Main Authors: | Aghnia, Giska Fuzna, Dr. Edriana Pangestuti, SE., MSi,, Lusy Deasyana Rahma Devita, SAB., MAB |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194125/1/0520030274-%20Giska%20Fuzna%20Aghnia.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194125/ |
Daftar Isi:
- Pemelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Variabel bebas yang digunakan adalah variable electronic word of mouth (X) sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah keputusan pembelian (Y). penelitian ini menggunakan explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden. Keputusan pembelian pada Seblak Calingcing di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas) dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis koefisien determinasi digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari analisis diperoleh hasil R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,432. Artinya bahwa 43,2% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu electronic word of mouth (X). Variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh item kualitas pelayanan dari electronic word of mouth (X). Hasil pengujian hipotesis koefisien regresi variabel electronic word of mouth (X) terhadap keputusan pembelian (Y), didapatkan nilai Thitung sebesar 8,640 dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).