Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Efikasi Diri Keterampilan Klinik Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya Selama Pandemi Covid-19

Main Authors: Ramadana, Elena Dessalsa Arby, Dr. Ns. Kumboyono,, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom.,, Dr. Yati Sri Hayati,, S.Kep., M.Kes.,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/1/Elena%20Dessalsa%20Arby%20Ramadana.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/
ctrlnum 193764
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/</relation><title>Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Efikasi Diri Keterampilan Klinik Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya Selama Pandemi Covid-19</title><creator>Ramadana, Elena Dessalsa Arby</creator><creator>Dr. Ns. Kumboyono,, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom.,</creator><creator>Dr. Yati Sri Hayati,, S.Kep., M.Kes.,</creator><subject>610.73 Nursing and services of allied health personnel</subject><description>Lingkungann belajar merupakann salah satu bagian dari proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai akibat dampak dari pandemi Covid-19, pemerintah di Indonesia menghimbau untuk menetapakan adanya kebijakan work from homee (WFH) atau pembelajaran online dimana terjadi perubahan lingkungan belajar. Lingkungan belajar akan mempengaruhi rasa percaya diri mahasiswa terhadap kemampuannya sehingga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, terutama kepercayaan diri atau efikasi diri mahasiswa terhadap kemampuan keterampilan klinis yang lebih terpengaruh selama pembelajaran online. Efikasi diri keterampilan klinik akan mempengaruhi mahasiswa ketika melakukan tindakan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuann untuk menganalisis hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi diri keterampilan klinis mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan observasi korelasional dan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 113 orang yang terdiri dari Mahasiswa Keperawatan angkatan 2020 Universitas Brawijaya dengann teknik pengambilann sampel menggunakan teknik total sampling menggunakan kuesioner learning environment (DREEM) dan angket CSES. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi diri keterampilan klinis mahasiswa S1 keperawatan Universitas Brawijaya selama pembelajaran online, dengan nilai p &lt; 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan koefisien korelasi antara lingkungan belajar variabel efikasi diri keterampilan klinis dan keterampilan adalah sebesar 0,545 yang berarti tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara kedua variabel tersebut kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi keterampilan klinis mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Brawijaya adalah positif, sehingga semakin baik lingkungan belajar maka semakin tinggi efikasi diri mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Brawijaya dan sebaliknya.</description><date>2022-07-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/1/Elena%20Dessalsa%20Arby%20Ramadana.pdf</identifier><identifier> Ramadana, Elena Dessalsa Arby and Dr. Ns. Kumboyono,, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom., and Dr. Yati Sri Hayati,, S.Kep., M.Kes., (2022) Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Efikasi Diri Keterampilan Klinik Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522160008</relation><identifier>0522160008</identifier><recordID>193764</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramadana, Elena Dessalsa Arby
Dr. Ns. Kumboyono,, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom.,
Dr. Yati Sri Hayati,, S.Kep., M.Kes.,
title Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Efikasi Diri Keterampilan Klinik Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya Selama Pandemi Covid-19
publishDate 2022
isbn 9780522160000
topic 610.73 Nursing and services of allied health personnel
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/1/Elena%20Dessalsa%20Arby%20Ramadana.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193764/
contents Lingkungann belajar merupakann salah satu bagian dari proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai akibat dampak dari pandemi Covid-19, pemerintah di Indonesia menghimbau untuk menetapakan adanya kebijakan work from homee (WFH) atau pembelajaran online dimana terjadi perubahan lingkungan belajar. Lingkungan belajar akan mempengaruhi rasa percaya diri mahasiswa terhadap kemampuannya sehingga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, terutama kepercayaan diri atau efikasi diri mahasiswa terhadap kemampuan keterampilan klinis yang lebih terpengaruh selama pembelajaran online. Efikasi diri keterampilan klinik akan mempengaruhi mahasiswa ketika melakukan tindakan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuann untuk menganalisis hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi diri keterampilan klinis mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan observasi korelasional dan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 113 orang yang terdiri dari Mahasiswa Keperawatan angkatan 2020 Universitas Brawijaya dengann teknik pengambilann sampel menggunakan teknik total sampling menggunakan kuesioner learning environment (DREEM) dan angket CSES. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi diri keterampilan klinis mahasiswa S1 keperawatan Universitas Brawijaya selama pembelajaran online, dengan nilai p < 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan koefisien korelasi antara lingkungan belajar variabel efikasi diri keterampilan klinis dan keterampilan adalah sebesar 0,545 yang berarti tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara kedua variabel tersebut kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa hubungan antara lingkungan belajar dengan efikasi keterampilan klinis mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Brawijaya adalah positif, sehingga semakin baik lingkungan belajar maka semakin tinggi efikasi diri mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Brawijaya dan sebaliknya.
id IOS4666.193764
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:26:21Z
last_indexed 2022-12-06T07:26:21Z
recordtype dc
_version_ 1751456416452837376
score 17.538404