Persepsi Pengguna Pedestrian Terhadap Citra Elemen Kawasan Bersejarah (Studi Kasus: Kawasan Alun – Alun Merdeka Dan Tugu Kota Malang)

Main Authors: Dewi, Oktavia Altika, Prof.Ir.Antariksa, M.Eng.,Ph.D, Dr.Wara Indira Rukmini, ST.,MT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/1/Oktavia%20Altika%20Dewi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/
ctrlnum 193700
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/</relation><title>Persepsi Pengguna Pedestrian Terhadap Citra Elemen&#xD; Kawasan Bersejarah (Studi Kasus: Kawasan Alun &#x2013; Alun Merdeka Dan Tugu Kota&#xD; Malang)</title><creator>Dewi, Oktavia Altika</creator><creator>Prof.Ir.Antariksa, M.Eng.,Ph.D</creator><creator>Dr.Wara Indira Rukmini, ST.,MT</creator><subject>717 Structures in landscape architecture</subject><description>Kota Malang merupakan salah satu kota yang diwarisi bangunan tua bersejarah,&#xD; beberapa diantaranya berada di kawasan Alun &#x2013; Alun Merdeka dan kawasan Tugu. Seiring&#xD; berjalannya waktu, berkembangnya kawasan Alun &#x2013; Alun Merdeka dan Kawasan Tugu&#xD; mengalami perubahan karakter visual hingga citra kawasan keduanya. Namun tidak&#xD; banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi kawasan menunjukkan bahwa citra&#xD; kawasan kurang memiliki ketertarikan bagi pengunjung. Berdasarkan survei pendahuluan,&#xD; diperoleh hasil bahwa jalur pedestrian dominan digunakan sebagai sarana pergantian lokasi&#xD; aktivitas atau hanya sekedar lewat untuk menuju lokasi lain. Terdapat sisi jalur pedestrian&#xD; yang mengalami kerusakan fisik atau peralihan fungsi menjadi titik lokasi parkir dan&#xD; berjualan. Padahal jalur pedestrian memiliki peran penting dalam pembentukan identitas&#xD; atau citra kota khususnya identitas suatu kawasan, jadi peneliti memfokuskan responden&#xD; penelitian adalah pengguna jalur pedestrian.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen pembentuk citra kawasan dari&#xD; objek bangunan yang mudah diingat oleh para ahli dan pengguna jalur pedestrian kawasan&#xD; serta bagaimana citra elemen kawasan tersebut. Analisis elemen kawasan menggunakan&#xD; peta mental berdasarkan pemilihan responden, selanjutnya hasil tersebut ditentukan objek&#xD; yang paling dominan dipilih responden dengan melakukan analisis penentuan objek&#xD; elemen pembentuk kawasan. Analisis behavior mapping digunakan untuk melakukan&#xD; penentuan pola aktivitas responden dalam mempersepsikan citra kawasan. Dalam menilai&#xD; citra kawasan didukung dengan penggunaan teori Gestalt yang tujuannya memudahkan&#xD; responden untuk melihat satu kesatuan pola dari objek elemen yang terbentuk. Dilakukan&#xD; analisis lanjutan yaitu analisis multidimensional scaling untuk melihat keterkaitan pola&#xD; aktivitas terhadap hasil penilaian citra kawasan yang diberikan pengguna jalur pedestrian.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen kawasan yang dianggap dapat&#xD; membentuk serta memperkuat citra kawasan adalah objek atau bangunan yang memiliki&#xD; ketertarikan secara fisik, visual hingga aktivitas guna lahannya, dengan kriteria &#x2013; kriteria&#xD; tertentu sesuai pada kondisi elemen pada masing &#x2013; masing kawasan penelitian. Dilakukan&#xD; penilaian persepsi citra dari elemen yang terbentuk, hasil diperoleh bahwa kemiripan&#xD; persepsi citra kawasan yang dipengaruhi oleh jenis aktivitas yang sedang dilakukan oleh&#xD; pengguna jalur pedestrian, dipengaruhi juga oleh kedekatan posisi pengguna jalur&#xD; pedestrian ketika sedang menggambarkan persepsi citra kawasan saat itu</description><date>2019-06-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/1/Oktavia%20Altika%20Dewi.pdf</identifier><identifier> Dewi, Oktavia Altika and Prof.Ir.Antariksa, M.Eng.,Ph.D and Dr.Wara Indira Rukmini, ST.,MT (2019) Persepsi Pengguna Pedestrian Terhadap Citra Elemen Kawasan Bersejarah (Studi Kasus: Kawasan Alun &#x2013; Alun Merdeka Dan Tugu Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/717/DEW/p/2019/041904757</relation><identifier>TES/717/DEW/p/2019/041904757</identifier><recordID>193700</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi, Oktavia Altika
Prof.Ir.Antariksa, M.Eng.,Ph.D
Dr.Wara Indira Rukmini, ST.,MT
title Persepsi Pengguna Pedestrian Terhadap Citra Elemen Kawasan Bersejarah (Studi Kasus: Kawasan Alun – Alun Merdeka Dan Tugu Kota Malang)
publishDate 2019
topic 717 Structures in landscape architecture
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/1/Oktavia%20Altika%20Dewi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193700/
contents Kota Malang merupakan salah satu kota yang diwarisi bangunan tua bersejarah, beberapa diantaranya berada di kawasan Alun – Alun Merdeka dan kawasan Tugu. Seiring berjalannya waktu, berkembangnya kawasan Alun – Alun Merdeka dan Kawasan Tugu mengalami perubahan karakter visual hingga citra kawasan keduanya. Namun tidak banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi kawasan menunjukkan bahwa citra kawasan kurang memiliki ketertarikan bagi pengunjung. Berdasarkan survei pendahuluan, diperoleh hasil bahwa jalur pedestrian dominan digunakan sebagai sarana pergantian lokasi aktivitas atau hanya sekedar lewat untuk menuju lokasi lain. Terdapat sisi jalur pedestrian yang mengalami kerusakan fisik atau peralihan fungsi menjadi titik lokasi parkir dan berjualan. Padahal jalur pedestrian memiliki peran penting dalam pembentukan identitas atau citra kota khususnya identitas suatu kawasan, jadi peneliti memfokuskan responden penelitian adalah pengguna jalur pedestrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen pembentuk citra kawasan dari objek bangunan yang mudah diingat oleh para ahli dan pengguna jalur pedestrian kawasan serta bagaimana citra elemen kawasan tersebut. Analisis elemen kawasan menggunakan peta mental berdasarkan pemilihan responden, selanjutnya hasil tersebut ditentukan objek yang paling dominan dipilih responden dengan melakukan analisis penentuan objek elemen pembentuk kawasan. Analisis behavior mapping digunakan untuk melakukan penentuan pola aktivitas responden dalam mempersepsikan citra kawasan. Dalam menilai citra kawasan didukung dengan penggunaan teori Gestalt yang tujuannya memudahkan responden untuk melihat satu kesatuan pola dari objek elemen yang terbentuk. Dilakukan analisis lanjutan yaitu analisis multidimensional scaling untuk melihat keterkaitan pola aktivitas terhadap hasil penilaian citra kawasan yang diberikan pengguna jalur pedestrian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen kawasan yang dianggap dapat membentuk serta memperkuat citra kawasan adalah objek atau bangunan yang memiliki ketertarikan secara fisik, visual hingga aktivitas guna lahannya, dengan kriteria – kriteria tertentu sesuai pada kondisi elemen pada masing – masing kawasan penelitian. Dilakukan penilaian persepsi citra dari elemen yang terbentuk, hasil diperoleh bahwa kemiripan persepsi citra kawasan yang dipengaruhi oleh jenis aktivitas yang sedang dilakukan oleh pengguna jalur pedestrian, dipengaruhi juga oleh kedekatan posisi pengguna jalur pedestrian ketika sedang menggambarkan persepsi citra kawasan saat itu
id IOS4666.193700
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:26:20Z
last_indexed 2022-12-06T07:26:20Z
recordtype dc
_version_ 1751456415885557760
score 17.538404