Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang

Main Authors: Regain, Kembang, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/1/0520150396%20-%20KEMBANG%20REGAIN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/
Daftar Isi:
  • Ketika memasuki usia remaja waktu yang dihabiskan oleh siswa banyak dilakukan di sekolah dan diluar lingkungan sekolah bersama dengan temantemannya, hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ingin diterima dalam suatu kelompok. Pada proses penerapan kurikulum 2013 pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas berubah menjadi berpusat pada peserta didik yang dalam pelaksanaannya banyak menerapkan model cooperative learning atau pembelajaran dengan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga peneliti merasa perlu untuk mengukur seberapa kuat pengaruh dukungan sosial teman sebaya siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang dalam implementasi kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Dalam dunia usaha dan dunia industri kedisiplinan menjadi tolak ukur dalam penilaian kerja, siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang akan memasuki masa prakerin sehingga peneliti merasa perlu untuk meneliti pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) sebagai refleksi ketika siswa memasuki masa prakerin. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian korelasional, Subjek yang terlibat sejumlah 68 orang. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,241 > 0,05, (2) kedisiplinan belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05, (3) kemudian dukungan sosial teman sebaya dan kedisiplinan belajar secara bersama juga tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,233 > 0,05.