Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang
Main Authors: | Regain, Kembang, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/1/0520150396%20-%20KEMBANG%20REGAIN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/ |
ctrlnum |
193330 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/</relation><title>Pengaruh Dukungan Sosial Teman
Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata
Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang</title><creator>Regain, Kembang</creator><creator>Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd</creator><creator>Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom.</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Ketika memasuki usia remaja waktu yang dihabiskan oleh siswa banyak
dilakukan di sekolah dan diluar lingkungan sekolah bersama dengan temantemannya,
hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ingin
diterima dalam suatu kelompok. Pada proses penerapan kurikulum 2013
pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas berubah menjadi berpusat pada
peserta didik yang dalam pelaksanaannya banyak menerapkan model
cooperative learning atau pembelajaran dengan kerjasama antar siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga peneliti merasa perlu untuk mengukur
seberapa kuat pengaruh dukungan sosial teman sebaya siswa kelas XI TKJ SMKN
6 Malang dalam implementasi kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN).
Dalam dunia usaha dan dunia industri kedisiplinan menjadi tolak ukur
dalam penilaian kerja, siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang akan memasuki masa
prakerin sehingga peneliti merasa perlu untuk meneliti pengaruh kedisiplinan
belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan
Berbasis Luas (WAN) sebagai refleksi ketika siswa memasuki masa prakerin.
Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian
korelasional, Subjek yang terlibat sejumlah 68 orang. Kuesioner dan dokumentasi
digunakan untuk pengumpulan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh antara
dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan
perolehan nilai signifikansi sebesar 0,241 > 0,05, (2) kedisiplinan belajar tidak
berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05, (3)
kemudian dukungan sosial teman sebaya dan kedisiplinan belajar secara
bersama juga tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan
perolehan nilai signifikansi sebesar 0,233 > 0,05.</description><date>2020-05-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/1/0520150396%20-%20KEMBANG%20REGAIN.pdf</identifier><identifier> Regain, Kembang and Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150397</relation><identifier>0520150397</identifier><recordID>193330</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Regain, Kembang Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. |
title |
Pengaruh Dukungan Sosial Teman
Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata
Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang |
publishDate |
2020 |
isbn |
9780520150393 |
topic |
004 Computer science |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/1/0520150396%20-%20KEMBANG%20REGAIN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330/ |
contents |
Ketika memasuki usia remaja waktu yang dihabiskan oleh siswa banyak
dilakukan di sekolah dan diluar lingkungan sekolah bersama dengan temantemannya,
hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ingin
diterima dalam suatu kelompok. Pada proses penerapan kurikulum 2013
pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas berubah menjadi berpusat pada
peserta didik yang dalam pelaksanaannya banyak menerapkan model
cooperative learning atau pembelajaran dengan kerjasama antar siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga peneliti merasa perlu untuk mengukur
seberapa kuat pengaruh dukungan sosial teman sebaya siswa kelas XI TKJ SMKN
6 Malang dalam implementasi kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN).
Dalam dunia usaha dan dunia industri kedisiplinan menjadi tolak ukur
dalam penilaian kerja, siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang akan memasuki masa
prakerin sehingga peneliti merasa perlu untuk meneliti pengaruh kedisiplinan
belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan
Berbasis Luas (WAN) sebagai refleksi ketika siswa memasuki masa prakerin.
Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian
korelasional, Subjek yang terlibat sejumlah 68 orang. Kuesioner dan dokumentasi
digunakan untuk pengumpulan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh antara
dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan
perolehan nilai signifikansi sebesar 0,241 > 0,05, (2) kedisiplinan belajar tidak
berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05, (3)
kemudian dukungan sosial teman sebaya dan kedisiplinan belajar secara
bersama juga tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan
perolehan nilai signifikansi sebesar 0,233 > 0,05. |
id |
IOS4666.193330 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:26:00Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:26:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456411745779712 |
score |
17.538404 |