Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap dan Dampak pada Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang Menggunakan Media Sosial Instagram untuk Minat Beli Produk Fashion)

Main Authors: Krisdianto, Ortin, Prof. Drs. Achmad Fauzi DH, MA, Ari Irawan, SE., MM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193047/1/0520030189-%20Ortin%20Krisdianto.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap; 2) Pengaruh Sikap terhadap Minat Beli; 3) pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial Instagram dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Y1) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,235 dan tingkat signifikansinya 0,012; 2) Sikap (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,622 dan tingkat signifikansinya 0,000; 3) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (X2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,065 dan tingkat signifikansinya 0,383. Pengaruh tidak langsung Online Behavioral Advertising (OBA) melalui Sikap (Y1) terhadap Minat Beli (Y2) lebih besar daripada pengaruh langsung Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli (Y2). Penggunaan Online Behavioral Advertising (OBA) untuk iklan fashion di media sosial Instagram sebaiknya dapat memberikan respons Sikap yang positif sehingga dapat menimbulkan Minat Beli.