Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19

Main Authors: Hafidz, Ihsan, Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA., Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/
Daftar Isi:
  • Persaingan antar para produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin ketat menjadi suatu permasalahan. Produk dan jasa yang semakin bervariasi memberikan konsumen kebebasan dalam memilih produk maupun jasa yang akan digunakan, oleh karena itulah para perusahaan harus mengembangkan dan menjaga kualitas dari produk dan jasa serta kualitas pelayanan yang mereka berikan guna menjaga kepuasan dan loyalitas para konsumen mereka. Pandemi COVID-19 yang menyebar luas juga membatasi pergerakan para konsumen terutama pada sektor usaha kafe. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan guna memberikan perasaan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan bagi para pengunjung. HAMUR Dieng adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang kafe. Kafe ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan berkurangnya mobilitas para pengunjung. Berkurangnya minat para konsumen untuk berkunjung menjadi alasan diperlukannya penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen yang dibentuk melalui tiga variabel yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan terhadap loyalitas konsumen terutama pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021 di HAMUR Dieng yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur. Responden pada penelitian ini sebanyak 65 orang, kriteria untuk responden sendiri merupakan orang yang pernah mengunjungi kafe minimal tiga kali terhitung sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini memiliki 5 variabel yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), penerapan protokol kesehatan (X3), kepuasan konsumen (Y1), dan loyalitas konsumen (Y2). Hasil analisis SEM-PLS menunjukan bahwa ketiga variabel yang membentuk kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. HAMUR Dieng diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk serta kualitas pelayanaan yang diberikan dan juga meningkatkan penerapan protokol kesehatan guna memberikan kepuasan yang nantinya akan menjadi suatu perasaan loyalitas dari para konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki HAMUR Dieng