Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19

Main Authors: Hafidz, Ihsan, Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA., Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/
ctrlnum 192904
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/</relation><title>Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas&#xD; Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19</title><creator>Hafidz, Ihsan</creator><creator>Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA.</creator><creator>Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP.</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Persaingan antar para produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan&#xD; konsumen yang semakin ketat menjadi suatu permasalahan. Produk dan jasa yang&#xD; semakin bervariasi memberikan konsumen kebebasan dalam memilih produk maupun&#xD; jasa yang akan digunakan, oleh karena itulah para perusahaan harus mengembangkan&#xD; dan menjaga kualitas dari produk dan jasa serta kualitas pelayanan yang mereka&#xD; berikan guna menjaga kepuasan dan loyalitas para konsumen mereka. Pandemi&#xD; COVID-19 yang menyebar luas juga membatasi pergerakan para konsumen terutama&#xD; pada sektor usaha kafe. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan menjadi salah&#xD; satu hal yang perlu diperhatikan guna memberikan perasaan keamanan, kesehatan, dan&#xD; kenyamanan bagi para pengunjung.&#xD; HAMUR Dieng adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang kafe. Kafe&#xD; ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19&#xD; yang mengakibatkan berkurangnya mobilitas para pengunjung. Berkurangnya minat&#xD; para konsumen untuk berkunjung menjadi alasan diperlukannya penelitian untuk&#xD; mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui&#xD; pengaruh kepuasan konsumen yang dibentuk melalui tiga variabel yaitu kualitas&#xD; produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan terhadap loyalitas&#xD; konsumen terutama pada masa pandemi COVID-19.&#xD; Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni &#x2013; Agustus 2021 di HAMUR Dieng&#xD; yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, Jawa&#xD; Timur. Responden pada penelitian ini sebanyak 65 orang, kriteria untuk responden&#xD; sendiri merupakan orang yang pernah mengunjungi kafe minimal tiga kali terhitung&#xD; sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Metode&#xD; yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini memiliki 5 variabel&#xD; yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), penerapan protokol kesehatan&#xD; (X3), kepuasan konsumen (Y1), dan loyalitas konsumen (Y2).&#xD; Hasil analisis SEM-PLS menunjukan bahwa ketiga variabel yang membentuk&#xD; kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol&#xD; kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa&#xD; variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap&#xD; loyalitas konsumen. HAMUR Dieng diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk&#xD; serta kualitas pelayanaan yang diberikan dan juga meningkatkan penerapan protokol&#xD; kesehatan guna memberikan kepuasan yang nantinya akan menjadi suatu perasaan&#xD; loyalitas dari para konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki HAMUR Dieng</description><date>2022-01-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf</identifier><identifier> Hafidz, Ihsan and Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA. and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. (2022) Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521040277</relation><identifier>0521040277</identifier><recordID>192904</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hafidz, Ihsan
Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA.
Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP.
title Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19
publishDate 2022
isbn 9780521040273
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/
contents Persaingan antar para produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin ketat menjadi suatu permasalahan. Produk dan jasa yang semakin bervariasi memberikan konsumen kebebasan dalam memilih produk maupun jasa yang akan digunakan, oleh karena itulah para perusahaan harus mengembangkan dan menjaga kualitas dari produk dan jasa serta kualitas pelayanan yang mereka berikan guna menjaga kepuasan dan loyalitas para konsumen mereka. Pandemi COVID-19 yang menyebar luas juga membatasi pergerakan para konsumen terutama pada sektor usaha kafe. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan guna memberikan perasaan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan bagi para pengunjung. HAMUR Dieng adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang kafe. Kafe ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan berkurangnya mobilitas para pengunjung. Berkurangnya minat para konsumen untuk berkunjung menjadi alasan diperlukannya penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen yang dibentuk melalui tiga variabel yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan terhadap loyalitas konsumen terutama pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021 di HAMUR Dieng yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur. Responden pada penelitian ini sebanyak 65 orang, kriteria untuk responden sendiri merupakan orang yang pernah mengunjungi kafe minimal tiga kali terhitung sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini memiliki 5 variabel yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), penerapan protokol kesehatan (X3), kepuasan konsumen (Y1), dan loyalitas konsumen (Y2). Hasil analisis SEM-PLS menunjukan bahwa ketiga variabel yang membentuk kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. HAMUR Dieng diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk serta kualitas pelayanaan yang diberikan dan juga meningkatkan penerapan protokol kesehatan guna memberikan kepuasan yang nantinya akan menjadi suatu perasaan loyalitas dari para konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki HAMUR Dieng
id IOS4666.192904
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:25:39Z
last_indexed 2022-12-06T07:25:39Z
recordtype dc
_version_ 1751456402107269120
score 17.538404