Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19
Main Authors: | Hafidz, Ihsan, Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA., Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/ |
ctrlnum |
192904 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/</relation><title>Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas
Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19</title><creator>Hafidz, Ihsan</creator><creator>Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA.</creator><creator>Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP.</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Persaingan antar para produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen yang semakin ketat menjadi suatu permasalahan. Produk dan jasa yang
semakin bervariasi memberikan konsumen kebebasan dalam memilih produk maupun
jasa yang akan digunakan, oleh karena itulah para perusahaan harus mengembangkan
dan menjaga kualitas dari produk dan jasa serta kualitas pelayanan yang mereka
berikan guna menjaga kepuasan dan loyalitas para konsumen mereka. Pandemi
COVID-19 yang menyebar luas juga membatasi pergerakan para konsumen terutama
pada sektor usaha kafe. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan menjadi salah
satu hal yang perlu diperhatikan guna memberikan perasaan keamanan, kesehatan, dan
kenyamanan bagi para pengunjung.
HAMUR Dieng adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang kafe. Kafe
ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19
yang mengakibatkan berkurangnya mobilitas para pengunjung. Berkurangnya minat
para konsumen untuk berkunjung menjadi alasan diperlukannya penelitian untuk
mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kepuasan konsumen yang dibentuk melalui tiga variabel yaitu kualitas
produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan terhadap loyalitas
konsumen terutama pada masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021 di HAMUR Dieng
yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, Jawa
Timur. Responden pada penelitian ini sebanyak 65 orang, kriteria untuk responden
sendiri merupakan orang yang pernah mengunjungi kafe minimal tiga kali terhitung
sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini memiliki 5 variabel
yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), penerapan protokol kesehatan
(X3), kepuasan konsumen (Y1), dan loyalitas konsumen (Y2).
Hasil analisis SEM-PLS menunjukan bahwa ketiga variabel yang membentuk
kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol
kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa
variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas konsumen. HAMUR Dieng diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk
serta kualitas pelayanaan yang diberikan dan juga meningkatkan penerapan protokol
kesehatan guna memberikan kepuasan yang nantinya akan menjadi suatu perasaan
loyalitas dari para konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki HAMUR Dieng</description><date>2022-01-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf</identifier><identifier> Hafidz, Ihsan and Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA. and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. (2022) Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521040277</relation><identifier>0521040277</identifier><recordID>192904</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hafidz, Ihsan Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA. Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. |
title |
Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas
Konsumen Pada Kafe Di Malang Dalam Era Pandemi Covid-19 |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780521040273 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/1/Shafa%20Choirunnisa%20Priatna.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192904/ |
contents |
Persaingan antar para produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen yang semakin ketat menjadi suatu permasalahan. Produk dan jasa yang
semakin bervariasi memberikan konsumen kebebasan dalam memilih produk maupun
jasa yang akan digunakan, oleh karena itulah para perusahaan harus mengembangkan
dan menjaga kualitas dari produk dan jasa serta kualitas pelayanan yang mereka
berikan guna menjaga kepuasan dan loyalitas para konsumen mereka. Pandemi
COVID-19 yang menyebar luas juga membatasi pergerakan para konsumen terutama
pada sektor usaha kafe. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan menjadi salah
satu hal yang perlu diperhatikan guna memberikan perasaan keamanan, kesehatan, dan
kenyamanan bagi para pengunjung.
HAMUR Dieng adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang kafe. Kafe
ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19
yang mengakibatkan berkurangnya mobilitas para pengunjung. Berkurangnya minat
para konsumen untuk berkunjung menjadi alasan diperlukannya penelitian untuk
mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kepuasan konsumen yang dibentuk melalui tiga variabel yaitu kualitas
produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan terhadap loyalitas
konsumen terutama pada masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021 di HAMUR Dieng
yang terletak di Jl. Dieng Atas No.9, Sumberjo, Kalisongo, Kec. Dau, Malang, Jawa
Timur. Responden pada penelitian ini sebanyak 65 orang, kriteria untuk responden
sendiri merupakan orang yang pernah mengunjungi kafe minimal tiga kali terhitung
sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini memiliki 5 variabel
yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), penerapan protokol kesehatan
(X3), kepuasan konsumen (Y1), dan loyalitas konsumen (Y2).
Hasil analisis SEM-PLS menunjukan bahwa ketiga variabel yang membentuk
kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penerapan protokol
kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa
variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas konsumen. HAMUR Dieng diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk
serta kualitas pelayanaan yang diberikan dan juga meningkatkan penerapan protokol
kesehatan guna memberikan kepuasan yang nantinya akan menjadi suatu perasaan
loyalitas dari para konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki HAMUR Dieng |
id |
IOS4666.192904 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:25:39Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:25:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456402107269120 |
score |
17.538404 |