Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik Di P4s Hikmah Farm Kediri

Main Authors: Prasetyo, Rizal Adi, Dr. Ir. Agustina Shinta, HW,MP, Destyana E Pratiwi,, SP.,MP.,M.BA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192886/1/Rizal%20Adi%20Prasetyo.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192886/
Daftar Isi:
  • Sayuran termasuk salah satu tanaman hortikultura yang paling banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Menurut cara budidayanya sayuran dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Sayuran hidroponik saat ini memiliki banyak permintaan di kalangan masyarakat terutama masyarakat kalangan menengah ke atas. Banyaknya permintaan tersebut menyebabkan persaingan antar usaha sayuran hidroponik dan dengan sayuran konvensional semakin ketat. Permasalahan tersebut juga terjadi di P4S Hikmah Farm yang menjadi lokasi dalam penelitian ini. Permasalahan lain yang muncul yaitu branding produk sayuran hidroponik masih kurang dan adanya penurunan penjualan di masa pandemi Covid- 19. Untuk mengatasi permasalah tersebut perusahaan harus memiliki strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan salah satunya yaitu strategi bauran pemasaran. Bauran pemasaran dapat digunakan untuk menarik minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm, menganalisis persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm, dan untuk menganalisis pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm. Penelitian ini menggunakan tujuh variabel bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence yang diuji pengaruhnya dengan variabel keputusan pembelian. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden yang memenuhi syarat dan menggunakan key informan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil penelitian pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm menunjukkan bahwa secara keseluruhan bauran pemasaran memiliki pengaruh R2 sebesar 0,548 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bauran pemasaran yang digunakan berpengaruh sebesar 54,8% terhadap keputusan pembelian sementara sisanya 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel product, price, place, people, dan physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promotion dan process memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal yang perlu diperhatikan oleh P4S Hikmah Farm dalam menerapkan bauran pemasaran yaitu meningkatkan promosi produk sayuran hidroponik seperti memberikan potongan harga dan memperhatikan proses saat konsumen melakukan pembelian. Penerapan bauran pemasaran yang tepat diharapkan dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya, penjualan sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm meningkat, dan branding produk dapat meningkat di kalangan masyarakat