Pengaruh Online Consumer Reviews (Ocrs) Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Sensatia Botanicals
Main Authors: | Safira, Priscilla Azahra, Destyana Ellingga Pratiwi,, SP.,MP., MBA, Dr.Ir. Agustina Shinta H.W, , MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192840/1/PRISCILLA%20AZAHRA%20SAFIRA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192840/ |
Daftar Isi:
- Ketika melakukan kegiatan pembelian secara online, calon konsumen akan dihadapkan dengan beberapa risiko yang dapat merugikan calon konsumen. Upaya yang dapat dilakukan oleh calon konsumen untuk meminimalisir risiko tersebut adalah dengan mencari informasi dan evaluasi tentang produk yang akan dibeli. Informasi tentang produk tersebut dapat dilihat melalui Online Consumer Reviews dan rating produk yang telah diberikan oleh konsumen yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk tersebut. Online Consumer Reviews dan rating dianggap sebagai informasi yang dapat diandalkan karena berisi tentang kelebihan dan kekuran produk yang didasari oleh pengalaman asli dari konsumen lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaruh Online Consumer Reviews dan rating terhadap keputusan pembelian pada green product Sensatia Botanicals. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunaka google form sebagai media penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni- Agustus 2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 orang yang terdiri dari orang yang sudah pernah membaca ulasan produk dan pernah membeli produk Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser pada marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan, metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa variabel online consumer review dan variabel rating memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, variabel online consumer review memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel rating. Hal ini disebabkan karena responden pada penelitian ini beranggapan bahwa online consumer review memiliki informasi yang lebih lengkap dan informatif karena berbentuk tulisan dan dapat disertai oleh video maupun gambar dibandingkan dengan rating yang hanya berbentuk skor bintang. Saran yang dapat diberikan peneliti terhadap Sensatia Botanicals Setelah melakukan penelitian ini adalah Sensatia Botanicals perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada marketplace Shopee. Salah satu upayanya adalah dengan memperbaiki pengemasan produk. Hal ini dikarenakan sebagian besar ulasan buruk tentang produk Sensatia Botanicals disebabkan karena kondisi produk yang rusak ketika diterima oleh konsumen