Pengaruh Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Benih Jagung Hibrida Pioneer di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember
Main Authors: | Islami, Iqi, Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA, Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192620/1/IQI%20ISLAMI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192620/ |
Daftar Isi:
- Tingginya produksi dan konsumsi jagung membuat banyak petani mengusahakan lahan pertaniannya untuk bercocok tanam komoditas jagung. Benih jagung hibrida sebagai salah satu benih jagung yang dipilih oleh petani karena memiliki keunggulan potensi hasil yang lebih tinggi daripada jagung lokal atau jagung turunan. Disisi lain, permasalahan yang dihadapi sebagian besar petani yaitu banyaknya merek jagung hibrida yang yang beredar di pasaran menyulitkan petani untuk memilih memutuskan pembelian produk benih jagung. Potensi penjualan jagung hibrida di Indonesia membuat banyak produsen benih jagung saling bersaing untuk meningkatkan produksinya, salah satunya yaitu PT. DuPont Indonesia dengan nama merek Pioneer. Ada beberapa faktor yang membuat petani memutuskan pembelian produk diantaranya yaitu adanya produk dan harga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap kepuasan konsumen benih jagung hibrida Pioneer. Penelitian dilakukan di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, daerah tersebut merupakan daerah dengan penggunaan jagung hibrida yang tinggi dan juga merupakan kecamatan yang memiliki jumlah kios pertanian paling banyak di Kabupaten Jember. Kegiatan penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan Maret hingga April 2019. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel keputusan konsumen tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel keputusan pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention, variabel repurchase intention memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh produk dan harga terhadap kepuasan pembelian dilihat dari nilai signifikansi <0.05 yaitu pengaruh produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0.003, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sebesar 0.005, pengaruh Keputusan pembelian terhadap repurchase intention sebesar 0.000 dan pengaruh repurchase intention terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.000.