Analisis Willingness To Pay Konsumen Terhadap Sampo Bulk Store
Main Authors: | Damanik, Gita Nathalia, Dr. Dwi Retno Andriani ,, SP.,MP., Destyana Ellinggga Pratiwi, SP., MP.,M.BA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192578/1/Gita%20Nathalia.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192578/ |
Daftar Isi:
- Kemudahan penggunaan kemasan plastik sekali pakai berdampak pada peningkatan sampah kemasan dan perubahan perilaku pada masyarakat. Sampah kemasan produk kebutuhan sehari-hari menurut Greenpeace (2019) merupakan penyumbang sampah terbesar dari tahun 2016 – 2019 terutama sampah kemasan makanan, minuman, kemasan sachet, sedotan, stryofoam ataupun kantong plastik. Industri makanan meningkat hingga 22,7% ditahun 2019. Peningkatan sampah kemasan tersebut tidak termasuk sampah dari usaha kecil. Nurhati (2020) meninjau tahun 2020 ada peningkatan penggunaan plastik terutama pada kebutuhan pengiriman barang seperti bubble wrap, selotip, dan polyliner Masyarakat kota Yogyakarta menyumbang sampah setidaknya 580 ton dalam sehari. Kemasan plastik tidak tertangani akan mencemari lingkungan dari tahap produksi hingga telah menjadi sampah membutuhkan waktu 10 – 1000 tahun hingga terurai. Masyarakat menyadari perubahan lingkungan merupakan dampak langsung perilaku pembelian dan ingin memperbaiki lingkungan. Hal ini didukung oleh Peraturan Pemerintah nomor 81 tahun 2012 mengenai tanggung jawab perusahaan atas kemasan. Peraturan tersebut mengatur pengelolaan, penimbunan dan pengurangan penggunaan plastik untuk kemasan. Peraturan ini membantu pergeseran pemikiran konsumen terhadap perilaku ramah lingkungan. Sampo merupakan produk sehari-hari salah satu penyumbang sampah dan SLS yang mencemari lingkungan. Menurut Longsworth (2010) semakin meningkatnya kesadaran konsumen terhadap lingkungan menciptakan implikasi besar terhadap produk kecantikan terutama perawatan rambut yang memiliki bagian terbesar pengeluaran konsumen. Bulk store merupakan konsep usaha menjual produk ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari dengan sistem pengisian ulang produk pada kemasan pribadi atau kemasan ramah lingkungan seperti botol kaca. Salah satu bulk store adalah Vert Terre, walaupun membantuk gerak melindungi lingkungan tidak dipungkiri adanya perbedaan harga mempengaruhi v Willingness to Pay konsumen. Oleh karena itu, Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui mengetahui karakteristik konsumen, preferensi konsumen, dan kesediaan konsumen untuk membayar terhadap pembelian produk bulk store Vert Terre di kota Yogyakarta sebagai referensi pemilik usaha untuk penentuan harga sampo bulk store. Karakteristik konsumen dari 91 responden yang membeli sampo Vert Terre didominasi oleh konsumen perempuan, tingkat usia 18-24 tahun, tingkat pendidikan terakhir S1, tingkat pendapatan berkisar Rp1.000.000-Rp2.000.000, dan sebagai pelajar/mahasiswa. Berdasarkan analisis preferensi konsumen, konsumen lebih memilih sampo dengan variasi aloe vera strawberry yang sesuai dengan permasalahan rambut dominasi responden yaitu untuk menyuburkan dan merawat rambut rontok daripada untuk menghaluskan dan menghitamkan rambut juga sampo Aloe vera pandan untuk merawat rambut rontok, kulit kepala gatal, dan kering dan konsumen lebih memilih atribut kemasaan dengan menggunakan botol reuse dibandingkan dengan membawa wadah pribadi dan botol baru karena membantu mempermudah dalam pembelian dan pengiriman. Berdasarkan analisis marginal willingness to pay (mWTP). Konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk menggunakan botol reuse dibandingkan untuk membawa wadah pribadi maupun membeli botol baru. Berdasarkan analisis marginal willingness to pay (mWTP), konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk membeli dan menggunakan variasi sampo sesuai dengan kebutuhan rambut. Konsumen juga bersedia membayar lebih mahal untuk sampo aloe vera strawberry yang sesuai dengan permasalahan rambut dominasi responden yaitu untuk menyuburkan dan merawat rambut rontok dibandingkan dengan sampo Kemiri untuk menghaluskan dan menghitamkan rambut juga sampo Aloe vera pandan untuk merawat rambut rontok, kulit kepala gatal, dan kering