Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Matahari Department Store Di Kota Kediri
Main Authors: | Subhina, Regita Dewi, Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP., Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192396/1/REGITA%20DEWI%20SUBHINA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192396/ |
Daftar Isi:
- Produk biasanya sering dikembangkan berdasarkan kebutuhan serta keinginan pelanggan yang dimana ditangkap melalui riset pasar, setelah perusahaan memutuskan produk dan harga yang akan ditawarkan, kemudian perusahaan perlu memutuskan bagaimana menawarkan tempat dan promosi (Kotler, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi bauran pemasaran Matahari Department Store di Kota Kediri dan (2) menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran produk (produk), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place) terhadap keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian produk pada Matahari Departement Store di Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2021 dengan mengumpulkan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui google form, selain itu menggunakan dokumentasi dengan mengumpulkan bukti hasil penelitian yang telah dilakukan. Responden yang digunakan yaitu sebanyak 96 orang pada pelanggan Matahari Department Store di Kota Kediri. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa variabel produk, promosi dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk pada Matahari Department Store Kediri dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.15, 0.29 dan 0.37. Variabel harga ditemukan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada Matahari Department Store Kediri dimana nilai koefisien jalur sebesar 0.11 dan nilai p-value sebesar 0.14. Penelitian ini memberikan saran kepada perusahaan agar mempertahankan dan menambahkan berbagai promosi serta menambah berbagai produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat meningkatkan persepsi yang baik bagi konsumen atau pelanggan Matahari Department Store. Peneliti juga memberikan memberikan saran kepada akademisi lain agar melakukan penelitian serupa dengan menggunakan atau menambahkan variabel lain seperti proses, bukti fisik ataupun variabel lain yang berkaitan dengan tempat penelitian